image image image image image image

Cara Merawat Bunga Panca Warna (Hydrangea)

Tukang Taman surabaya Cara Merawat Bunga Panca Warna (Hydrangea)

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri. Mengulas singkat tentang bagaimana cara merawat tanaman hias atau bunga panca warna bagi anda para gardener. Salah satu tanaman hias yang cukup populer dan pantas menghias taman rumah anda yaitu Tanaman Panca Warna. Tanaman Bunga panca warna dalam dalam bahasa latin diketahui dengan Hydrangea atau Hortensia.

Mungkin Sebab warna bunga yang senantiasa berubah dalam satu pohon ini kemudian disebut dengan Bungam Panca Warna. Justru sebab perubahan warna dari bunga panca warna atau Hydrangea ini membikin tanaman hias yang satu ini kian indah dan eksotik. Namun jenis bunga ini beracun jika dimakan atau tertelan karena mengandung Glukosida Karsiogenetik.


Arti Bunga Panca Warna Dari Tukang Taman Surabaya

Tanaman Panca warna atau Hydrangea ini sendiri hakekatnya mempunyai tipe yang bermacam-macam macam. Ada sekitar 70 hingga dengan 75 variasi tanaman Hydrangea ini hidup di bermacam-macam belahan dunia. Kawasan tumbuh tanaman panca warna ini berasal tersebar di Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan, namun sebagian besar spesies berasal dari Jepang dan Tiongkok.

Tanaman panca warna ini yakni tanaman semak dengan ketinggian 1 hingga 3 meter. Ada juga tanaman panca warna yang merambat di tanaman lain sampai menempuh ketinggian 30 meter. Daun berbentuk bulat telor, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau.


Cara Mudah Merawat Bunga Panca Warna

Hydrangea termasuk macam tanaman yang betul-betul gampang ditanam dan tak terlalu repot merawatnya, serta bisa tumbuh di bermacam macam tanah. Tetapi yang penting dilihat dalam merawat tanaman Panca warna atau Hydrangea ini ialah jumlah cahaya sang surya yang masuk ke lokasi, serta pada dikala kapan menerima cahaya sang surya paling banyak. Beberapa besar hydrangea berkembang di tempat yang mendapatkan cukup cahaya sang surya. Yang terbaik ialah ketika tanaman mendapatkan cahaya sang surya penuh di pagi dan petang hari.

Kecuali itu dalam merawat tanaman Hydrangea atau panca warna ini butuh memangkasnya untuk memutuskan tanaman sehat. Pemupukan direkomendasikan sebanyak dua kali setahun adalah pada akhir musim gugur dan permulaan musim semi. Dianjurkan bahwa, ketika pemupukan, Anda memakai senyawa yang tak gampang menguap. Pastikan memberi pupuk secukupnya, seandainya berlebihan menyebabkan tanaman tak dapat berbunga.


Bunga Panca Warna Tidak Berbunga Satu Macam Saja

Dari info yang kami tukang taman surabaya peroleh. Di Indonesia bunga Bunga Pancawarna ini cuma dijumpai satu macam saja dan berubah warnanya menjadi warna warni dalam satu pohon. Biasanya dimanfaatkan untuk obat amandel secara herbal, cara mengolahnya bunga panca warna di keringkan kemudian ditumbuk sampai halus campur dengan air hangat kemudian digunakan untuk berkumur.

Tetapi di Jepang tanaman Hydrangea ini diketahui dengan Ajisai yang betul-betul luar lazim ragam dan warnanya. Warna warni bunga Ajisai ini amat bertumpu pada keasaman tanah atau PH tanah. Pada lazimnya species bunga ini berwarna putih, tetapi dapat berubah berwarna biru, merah, pink atau ungu. Tanah yang bersifat asam akan menjadikan bunga berwarna biru, tanah yang bersifat netral atau PH-nya kurang lebih 7, bunganya akan berwarna cream, untuk tanah yang bersifat basa mewujudkan warna pink atau ungu.

Tukang Taman surabaya Cara Merawat Bunga Panca Warna (Hydrangea)


Memperbanyak Bunga Panca Warna Dengan Cara Stek 

Anda bisa membikin spesimen baru dengan menumbuhkannya dari stek komponen/potongan tanaman untuk ditumbuhkan menjadi tanaman baru. Metode perbanyakan ganda dapat diadakan tergantung apakah Anda mempunyai tanaman induknya dan berapa banyak bakal setek yang mau Anda tumbuhkan akarnya.

1. Memilih Stek Hidrangea

  • Bersihkan mulsa dan tanah dari dasar tanaman hidrangea dewasa, pada komponen belakang dan sampingnya.
  • Carilah tunas yang tak berbunga dengan 2 hingga 3 lembar daun. Sangatlah penting untuk mencari bakal setek dari komponen batang yang mendekati dasar tanaman, sebab batang yang lebih berkayu umumnya akan menjadikan lebih banyak akar.
  • Pastikan bakal setek yang Anda pilih mempunyai panjang minimal 12,7 hingga 15,2 cm.
  • Pilihlah bakal setek hidrangea pada pagi hari. Hindari mengambil batang untuk setek pada dikala daun tanaman layu, kapan bahkan itu.
Anda juga perlu tahu tentang 5 Tehnik Dasar Budidaya Tanaman Hias


2. Menumbuhkan Akar Stek Bunga Panca Warna (Hidrangea) dari Semak

  • Tekuklah cabang semak hidrangea yang rendah sampai meraba tanah.
  • Pertahankan cabang supaya konsisten di tempatnya. Pakai batu bata, batu, atau benda berat yang lain sebagai pemberat untuk membendung cabang hal yang demikian.
  • Siramlah tanaman seperti umum. Jagalah supaya keadaan tanah konsisten lembap.
  • Ambil batu bata atau batu, dan periksa apakah cabang hal yang demikian telah berakar.
  • Jika rupanya akarnya belum tumbuh, kembalikan batu bata atau batu pada tempatnya. Periksa kembali pelaksanaan perakaran pada pekan selanjutnya.
  • Potonglah cabang dari tanaman induk.
  • Gali dan angkat komponen yang berakar dari tanah. Hati-hati jangan hingga sekop Anda memotong akar setek maupun tanaman induk.
  • Pindahkan tanaman ke lokasi yang Anda inginkan. Pastikan tanaman akan memperoleh naungan (berada di daerah sejuk). sumber dari https://id.wikihow.com/

Harga Bunga Panca Warna (Hidrangea)

Untuk harga bunga ini bervariatif kisaran mulai dari Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 75.000,- tergantung besar diameter cabang dan rimbunnya.

Demikian ulasan singkat dari kami tukang taman surabaya tentang Cara Merawat Bunga Panca Warna Hydrangea. Semoga bermanfaat salam go green.

0 Response to "Cara Merawat Bunga Panca Warna (Hydrangea)"

Posting Komentar