Mengenal Apa Itu Taman Hujan (Rain Garden)

Jasa Tukang Taman Surabaya. Berbagi info mengenal apa itu taman hujan (rain garden). Taman hujan adalah daerah hidup bagi tanaman dengan warna dan wujud yang berbeda serta tak cuma berfungsi secara keindahan tapi juga memberikan dampak bagus ekologi dan ekonomi.

Rain garden dibangun di sekitar zona rumah. Variasi taman ini dapat menolong mencegah abrasi, memberi nasihat air hujan menuju aquifier, serta bisa menolong tanaman dan mikroba berprofesi sama memecah polutan sehingga logam berat melekat di daun dan batang tanaman, bukan di tanah.

Jasa tukang taman surabaya Apa Itu Taman Hujan (Rain Garden)

Pada musim hujan seperti dikala ini, membangun rain garden di samping rumah yakni solusi terbaik. Tak cuma untuk mencegah terjadinya banjir dan polusi dari stormwater, taman ini juga bisa mempercantik hunian.

Mengenal Apa Itu Taman Hujan (Rain Garden) Oleh Jasa Tukang Taman Surabaya

Taman hujan merupakan sekelompok tanaman yang ditanam dan dipegang untuk memanfaatkan air hujan. Taman hujan umumnya berukuran kecil dan bisa menjadi komponen dari segala desain outdoor yang menawan. 

Kecuali lazim ditemukan di halaman permukiman, taman hujan juga bisa diciptakan sebagai komponen dari lapangan parkir dan taman publik. Taman hujan malahan bisa berfungsi sebagai taman kecil yang independen (tak menjadi unit taman yang lebih besar).

Air hujan dapat menjadi persoalan besar dikala terjadi hujan deras dan badai. Limpasan air tiba-tiba merembes dari atap hingga menerobos jalan masuk, yang tentu banyak mengandung minyak dan polutan membahayakan.
Baca juga Mengenal Desain Landscape (Lanskap) By Tukang Taman Malang
Berikut info yang kami jasa tukang taman surabaya baca dari beberapa sumber. Untuk pengelolaan air hujan di sebuah lanskap kota kerap kali kali tak dapat memecahkan banjir, dan kesudahannya menyebabkan genangan air. 

Menurut survei dari Instansi dari Perlindungan Lingkungan di Amerika Serikat didapat data bahwa memperkirakan sebanyak 70 persen polusi di sungai dan danau dibawa air hujan.

Untuk menyelesaikannya, Anda bisa merancang sebuah rain garden di pelataran rumah. "Pada dasarnya, taman ini diwujudkan untuk memperlambat aliran air hujan selama badai,

" kata Jane Billinghurst, Master Gardener of the Year for 2012 dari Washington State University Extension seperti dikutip situs HGTV Gardens.

Billinghurst menuturkan, rain garden dapat menolong mencegah abrasi, memberi bimbingan air hujan menuju aquifier lokal sehingga tak "tersesat" oleh badai, pun bisa menolong tanaman dan mikroba berprofesi sama memecah polutan sehingga logam berat melekat di daun dan batang tanaman, bukan di tanah.

Perbedaan Desain Konsep Taman Hujan (Rain Garden) Dengan Taman Minimalis

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Yang membedakan desain penanaman taman hujan dari taman lainnya yaitu pada konstruksinya yang berada di cekungan tanah yang dangkal, dengan tanaman dan rumput yang berakar dalam.

Bagaimana membangun taman air hujan ini? Pertama kali yang patut dikerjakan ialah memilih lokasi tanah. Untuk membikin rain garden, luas dan letaknya bertumpu pada halaman yang Anda miliki. 

Contohnya, Anda berkeinginan menilai zona atap yang akan mengalir ke selokan yang mengarah ke rain garden, serta ukuran dari tiap-tiap tempat beraspal yang akan berkontribusi kepada limpasan menuju taman.

Kalau tanah Anda berpasir, luas taman sekitar 20-30 persen dari zona yang teraliri air. Tapi, bila Anda memiliki tanah liat atau berlumpur, idealnya taman air hujan ini dibangun 60 persen dari tempat drainase. Mungkin anda belum tahu tentang taman minimalis bisa.
Baca juga Apakah Anda Tahu, Apa Itu Taman Minimalis ?
Tapi, jangan biarkan angka-angka ini mengintimidasi Anda sebab seberapa malah luas rain garden, tentu bagus ketimbang tak ada sama sekali. Lokasi pas untuk membikin rain gardenadalah tempat cerukan yang natural.

Anda juga bisa menyalurkan air dari talang atau downspouts menuju taman. Tanah di taman mesti dikeringkan dengan bagus, sehingga air tak berada di sana sampai lebih dari dua hari.

Tanah di rain garden diciptakan khusus, ialah campuran dari 50-60 persen pasir, 20-30 persen lapisan tanah dasar (topsoil), dan 20-30 persen benar-benar direkomendasikan memakai kompos. Anda bisa memasukkan campuran ini ke dalam tanah untuk kedalaman dua meter sebelum menyimpan tanaman.

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Dalam memilih tanaman tidaklah gampang. Tanaman di taman air hujan wajib dipilih yang "betah" lama-lama berada di air sehingga tanaman lokal dan bunga liar merupakan opsi yang bagus sebab gampang menyesuaikan diri. 

Anda mungkin telah mengetahui tumbuhan hal yang demikian seperti pakis, rumput hias, teki-tekian, iris, milkweed, aster,dan bunga susan bermata hitam.

Masukannya merupakan mewujudkan sebuah penanaman alami yang gampang dirawat (tak membutuhkan pupuk) dan bisa menyambut kupu-kupu, lebah, dan makhluk lainnya.

Jasa tukang taman surabaya Apa Itu Taman Hujan (Rain Garden)

Fungsi Taman Hujan (Rain Garden) Pada Halaman Rumah

Dari sumber info yang kami jasa tukang taman surabaya peroleh. Untuk taman hujan sangat berbeda fungsi dengan desain konsep taman yang lain, karena taman hujan fungsi utamanya adalah sebagai resapan air (tampungan) dari air hujan ketika curah hujan tinggi. 

Sedangkan untuk desain taman minimalis dan lainnya hanya bernilai estetika keindahan dan area hijau (green area). Berikut fungsi dari taman hujan :
  • Berfungsi sebagai sistem murah untuk mengurangi volume air limpasan (runoff) sebab secara tepat sasaran mengabsorpsi dan mengurangi polutan.
  • erfungsi seperti penyerap natural air hujan pada hutan atau padang rumput sebab meresap 30% sampai 40% air limpasan lebih banyak dibandingi taman lazim.
  • Mempertahankan kelembaban ekstrim dan fokus gizi seperti fosfor yang terkandung di dalam air limpasan.
  • Pengontrolan tanaman juga berkontribusi dalam memfasilitasi pelaksanaan penyusupan/pemfilteran air bersih, yang berarti mengkonservasi dan mengisi air tanah.
  • Burung dan kupu-kupu mendapatkan habitat yang pas, dimana hewan-hewan hal yang demikian bisa mengurangi nyamuk dan hama.
  • Untuk mendapat hasil yang diharapkan, Anda seharusnya memandang opsi tanaman yang ideal. Taman hujan yang bagus akan menyeimbangkan rekayasa tanah, ruang yang tersedia, anggaran, dan macam vegetasi yang ideal.

Tips Memilih Tanaman Untuk Taman Hujan (Rain Garden)

Opsi tanaman tergantung dengan iklim zona. Melainkan demikian, ada sebagian kriteria lazim yang semestinya diamati dalam memilih tanaman:
  • Tanaman terbaik ialah tanaman orisinil dari tempat hal yang demikian, oleh sebab itu dibutuhkan investigasi yang bagus mengenai vegetasi lokal yang tersedia. Namun tanaman absah bukan satu-satunya opsi. Tanaman luar yang bersifat tak invasif juga bisa dibuat pertimbangan.
  • Kebanyakan taman hujan ditanami pohon, semak berkayu atau tanaman herba keras. Tanaman semusim juga bisa dihasilkan opsi.
  • Estetika atau keindahan seperti warna dan tekstur bukan yaitu prioritas dalam memilih tanaman bagi taman hujan. Terutamanya sebab taman variasi ini cuma membutuhkan sedikit perawatan.
  • Tanaman mesti toleran kepada kekeringan sekalian bendung genangan air sementara. Tanaman juga semestinya mempunyai akar yang dalam dan bisa bertahan pada tekanan hujan deras, polutan, dan kelebihan nutrisi.
Taman hujan menangkap air hujan dari atap atau permukaan tanah sekitar dan memungkinkan air diresapi oleh tanah secara berjenjang. 

Dengan demikian artikel kami jasa tukang taman surabaya tentang Mengenal Apa Itu Taman Hujan (Rain Garden), Semoga menambah wawasan anda tentang pentingnya taman, 

karena air yang mesti terbuang ke metode saluran pembuangan atau selokan di jalan bisa disaring oleh tanaman. Tanaman pada taman hujan menyaring kontaminan dan mengkonservasi air bersih.