image image image image image

Apakah Anda Tahu, Apa itu Taman Minimalis ?

Tukang Taman Surabaya Tentang Taman Minimalis

Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri 

melanjutkan tentang wawasan taman minimalis berikut ini kami sedikit paparkan tentang Taman Minimalis supaya anda lebih mengenal tentang Taman Minimalis. 

Mungkin salah satu dari anda ada yang berminat atau mengimpikan rumah anda mempunyai Taman Rumah yang mungil atau istilah sekarang Taman Minimalis. Karena Taman Minimalis sedang menjadi tren dalam kehidupan perkotaan. Hal tersebut juga memberikan pengaruh terhadap konsep rumah atau taman tersebut. Taman minimalis juga memiliki daya tarik tersendiri karena penataannya yang simpel dan fungsional dapat mengobati lelahnya mata selama anda beraktivitas.

Taman minimalis yang kontekstual terhadap rumah yang memiliki karakter yang sederhana dan efisien dalam pemakaian ruang serta mudah dalam pemeliharaan. Hal tersebut menjadikan taman berkonsep minimalis ini semakin digemari oleh perancang maupun pemilik rumah.

Dalam Konsep minimalis pada taman memiliki Dua filosofi berdasrkan asalnya, yaitu dari barat dan timur. Filosofi tersebut akan mempengaruhi hasil akhir desain taman. Elemen – elemen taman minimalis mulai dari jenis tanaman sampai elemen pelengkap memiliki karakter yang berbeda.

Pengunjung Tukang Taman Surabaya - Flamboyanasri Pengertian taman minimalis adalah taman yang hadir karena bentuk bangunan yang minimalis sehingga akan tercipta lingkungan yang kontekstual. Selain itu, taman dengan konsep ini diminati karena mudah dalam pembuatan dan pemeliharaan (*dalam konteks ahli dalam bidang pertamanan) dari pada konsep taman yang lainya misal:Taman Eropa, Taman Gantung  atau yang lainnya.

A.Filosofi  Taman Minimalis
Minimalis merupakan konsep pada arsitektur yang meliputi bangunan, interior dan taman yang direfleksikan dengan bentuk-bentuk sederhana, kaku dan fungsional. Namun, saat ini konsep tersebut dikaitkan dengan pola pikir dan cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan dan efisien.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat dua filosofi pada taman minimalis, yaitu filosofi Taman minimalis Barat dan Taman Minimalis Timur. Filosofi Barat yang cenderung rasional dan fungsional lebih menekankan pada fungsi sehingga setiap ruang yang berada di lahan dapat di manfaatkan sebagai taman.

Selain itu, ekspresi kejujuran dalam desain taman Minimalis Barat sangat dominan karena penggunaan material yang polos ataupun penggunaan elemen-elemen dekoratif yang minim.

Filosofi minimalis barat memiliki tata ruang yang sederhana. Elemen – elemen yang keras memiliki bentuk-bentuk yang geometris tanpa ornamen. Material bahan pada elemen pun ditampilkan dengan jujur. Filosofi tersebut terlihat berani dan mim[pertegas konsep minimalis tersebut.

Sementara konsep Taman Minimalis Timur dipengaruhi oleh paham Zen-Budhisme, yaitu sebuah paham Budha yang sangat filosofi. Filosofi timur memiliki nilai spiritual. Kesan jernih, polos, bening, dan hening dari konsep tersebut sehingga memberikan suasana tenang dan nyaman dalam ruangan yang terbatas.


Tukang Taman Minimalis tentan apa itu taman Minimalis
Dengan diberi Tanaman Hias ini dinding terlihat kesan lebih lunak

Taman minimalis timur memiliki filosofi yang berperan sebagai penyelaras antar bangunan dan lingkungan sekitarnya. Kesan menyatu dan harmonis di antara keduanya dapat dengan mudah tercipta. Selain itu, taman pun menjadi energi untuk terapi fisik dan spiritual bagi penggunanya.

Konsep rumah dan taman minimalis bertujuan meningkatkan wujud secara keseluruhan, baik eksterior maupun interior, dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebihan. Hadirnya taman dan rumah bergaya  minimalis menjadi jembatan di antara arsitek bangunan dengan si pembuat Taman. Anda juga bisa membaca Tips Perpaduan Rumah dan Taman Minimalis

B.Ragam dan Karakter
Taman Minimalis memiliki ragam yang dapat dikembangkan berdasarkan jenis tanaman dan tema taman, diantaranya sebagai berikut :
-Taman Aromatik, yairu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape). Berupa tanaman yang berbau wangi.
-Taman Apotek hidup, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman obat.
-Taman Air, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman air serta elemen air seperti kolam dan air terjun
-Taman Rempah, yaitu taman yang memiliki elemen lunak (soft scape) berupa tanaman untuk kebutuhan memasak.
 
Hadirnya konsep minimalis yang dimulai dari bentuk bangunan rumah, interior dan taman memberikan solusi terhadap desain taman. Saat ini lahan yang tersisa untuk dijadikan taman pada halaman rumah sangat terbatas. Oleh karena itu, karakter taman minimalis memberikan pengaruh yang baik terhadap penataan taman di lahan yang sempit. Ini dikarenakan prinsip taman sebagai ground floor dapat memberi kesan luas dan lebar terhadap visualisasi.

Pengunjung blog Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri, Taman dengan konsep ini berfungsi sebagai pendukung terhadap penampilan arsitektur bangunannya. Taman merupakan elemen pelengkap untuk menonjolkan karakter bangunan. Selain itu, tanaman berfungsi sebagai elemen dekoratif bangunan sehingga kesan yang akan muncul antara bangunan dan taman dapat tampil serasi.


Adanya taman pada Rumah Minimalis yang kaku dapat diperlunak dengan adanya taman minimalis tersebut. Karakter tanaman yang dimiliki adalah tanaman yang tidak tumbuh secara liar (wield). Tanaman harus memiliki kejelasan dalam bentuk, seperti tidak telau banyak daun, memiliki cabang yang kuat, dan berkarakter  eksotis

Anda Bisa mengunjungi koleksi dari kami Portofolio Galeri Foto Taman Minimalis

 
Biasanya taman yang berkarakter ini cenderung menggunakan jenis tanaman yang sama dalam jumlah asal atau satu sampai dengan dua tanaman. Tanaman tersebut ditempatkan di atas hamparan rumput hijau atau batu koral mulai dari warna hitam dan putih serta pasir sebagai Ground Cover. Hal ini menjadi salah satu ciri dari Taman Minimalis ini.
Berhatikan gambar berikut, perpaduan Batu Koral warna hitam dan putih :


Tukang Taman Surabaya Mengenal dekat Taman Minimalis
Aksesoris dalam pembuatan Taman Minimalis Batu Koral Warna Hitam - Putih

Ditengah ketersediaannya lahan yang sempit tidak menutup kemungkinan untuk tetap menghadirkan taman di rumah. Dengan konsep taman minimalis, aplikasi jenis tanaman yang rimbun dan tidak memerlukan ruang yang banyak menjadi pilihan yang tepat, namun harus menyesuaikan dengan rumah yang minimalis pula.

Aktivitas masyarakat yang semakin meningkat membuat taman tidak menjadi perhatian di rumah, maka apabila ada salah satu dari orang yang sibuk bisa langsung menghubungi kami Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri untuk memenuhi keinginan anda memiliki Taman Minimalis yang sejuk dan asri di rumah anda.


Taman Surabaya tentang apakah anda tahu, apa itu taman minimalis ?

Karena Taman Minimalis ini juga dapat mengatasi keterbatasan dan dan waktu, karena taman jenis ini lebih murah dari yang lain ( optional ) dalam pembuatan dan perawatannya.

Data dan Fakta :
-Konsep Taman Minimalis memiliki dua filosofi yaitu barat dan timur
-Taman minimalis adalah tamanyang hadir karena bentuk bangunan yang minimalis
-Taman Minimalis mudah dalam perawatannya dan Pemeliharaannya.
-Karakter  tanaman tidak tumbuh liar (wield) sehingga lebih menonjolkan karakter bangunan.

Demikian sedikit ulasan artikel dari kami tentang Mengenal Apa Itu Taman Minimalis ?, semoga bermanfaat bagi anda. Dan tunggu update artikel dari kami selanjutnya. Terima Kasih

0 Response to "Apakah Anda Tahu, Apa itu Taman Minimalis ?"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463