Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Prinsip dan Bentuk Lanskap Taman Kecil

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya tentang 7 prinsip dan bentuk lanskap taman kecil. Lansekap adalah sebuah bentuk seni dan ada banyak bentuk lanskap yang dapat digunakan untuk menciptakan ruang luar yang menawan. 

Apakah anda ingin membuat jalur taman atau teras yang indah, kami memiliki keahlian untuk membantu anda mencapai visi anda.

Baca juga Apa Itu Desain Lanskap? Prinsip dan Bentuk Lanskap

Dalam hal lansekap, penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara fungsi dan keindahan. 

Menciptakan ruang luar yang cocok untuk Anda dan keluarga sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang santai di mana Anda dapat menikmati waktu bersama.

Bentuk lanskap merupakan pertimbangan penting saat mendesain lanskap Anda. Hal ini mengacu pada bentuk fisik atau bentuk sebidang tanah, taman atau area luar ruangan lainnya.

7 Prinsip dan Bentuk Lanskap Taman Kecil

Tukang Taman Surabaya : Prinsip Dan Bentuk Lanskap Taman

Prinsip-prinsip desain lanskap adalah ide-ide dasar yang memandu bagaimana Anda membuat dan memelihara taman Anda. 

Prinsip-prinsip ini dapat membantu anda menentukan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam taman Anda, bagaimana menggunakannya dan bahan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

7 Prinsip Lanskap Taman

Elemen desain lanskap adalah dasar dari desain lanskap apa pun. Cara terbaik untuk memulai proyek pribadi Anda adalah dengan berkonsultasi dengan desainer lanskap profesional. 

Seorang desainer lanskap akan membantu Anda mengetahui elemen apa yang paling penting untuk ruang Anda, dan bagaimana memasukkannya ke dalam visi Anda untuk rumah Anda.

Prinsip-prinsip berikut ini adalah beberapa yang paling penting saat membuat lanskap:

1. Keseimbangan

Harus ada keseimbangan antara elemen-elemen di taman seperti tanaman, air, dan struktur. Prinsip terpenting dari desain taman yang baik adalah keseimbangan.

Baca juga 3 Unsur - Unsur Elemen Taman Landscape

Ini berarti menyeimbangkan tampilan alami situs Anda dengan tanaman dan struktur yang Anda pilih untuk menciptakan keseluruhan yang harmonis.

2. Pengulangan

Gunakan pengulangan untuk menciptakan kesatuan dalam desain Anda dengan mengulang elemen-elemen seperti bentuk, warna atau tekstur di seluruh taman.

7 Prinsip Lanskap Taman

3. Irama Dalam Bentuk, Tekstur dan Warna

Gunakan kontras untuk menarik perhatian pada area tertentu di lanskap Anda dengan menggunakan tanaman atau bahan yang berbeda yang menonjol dari yang lain dalam desain.

Tukang taman sering memilih tanaman berdasarkan warna atau tekstur tetapi terkadang melupakan kebutuhan pertumbuhannya. 

Baca juga 7 Persiapan Tanah Untuk Taman

Saat memilih tanaman untuk lanskap Anda, pertimbangkan berapa banyak sinar matahari yang mereka butuhkan, berapa banyak air yang mereka butuhkan dan berapa banyak ruang yang akan mereka gunakan di halaman Anda. 

Jika Anda menanam terlalu banyak jenis tanaman yang berbeda di satu area, mereka mungkin tidak semuanya bertahan hidup karena membutuhkan kondisi yang berbeda.

7 Prinsip dan Bentuk Lanskap Taman Kecil

4. Variasi

Variasi membantu membuat lanskap menjadi menarik dengan memasukkan berbagai jenis tanaman dan fitur ke dalamnya sehingga ada sesuatu yang baru di setiap sudut ruang taman Anda.

5. Proporsi dan Skala

Proporsi adalah ukuran dan skala relatif dari elemen-elemen di dalam taman, seperti tanaman dan struktur atau bahan paving. 

Proporsi yang baik membuat taman terlihat seimbang dan menarik secara visual. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki kolam kecil di taman Anda, kolam tersebut harus terlihat lebih besar dari yang sebenarnya karena ini akan memberikan dampak yang lebih besar pada lanskap.

6. Kesatuan

Lanskap terpadu memiliki tema yang konsisten di seluruh desainnya; misalnya, menggabungkan warna 

atau tekstur yang sama di seluruh ruang luar Anda akan memberikan kesatuan dan membuatnya terlihat lebih menarik secara keseluruhan. 

Baca juga 10 Langkah - Langkah Membuat Taman Rumah Sederhana

Tampilan yang terpadu juga membantu menciptakan latar belakang yang menarik untuk fitur-fitur lain di taman Anda seperti teras atau fitur air.

7. Penekanan

Penekanan adalah tentang menciptakan titik fokus dalam taman Anda. Hal ini membantu menarik perhatian ke area tertentu dan membuatnya lebih menonjol daripada yang lain. 

Ini semua tentang menciptakan titik fokus di dalam sebuah ruang sehingga menarik perhatian dari area lain. 

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan batu loncatan berbentuk setengah bulan di tepi kolam anda dengan bunga lili air 

yang ditanam di sekelilingnya untuk menarik perhatian dari tepi kolam yang bertemu dengan area rumput di sebelahnya.

Baca juga 4 Tips Rekomendasi Tanaman Untuk Taman Minimalis

Ada banyak jenis bentuk lanskap yang berbeda, dan dapat digunakan untuk menciptakan berbagai macam efek yang berbeda.

Elemen desain lanskap dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda untuk ruang luar Anda. Kombinasi elemen yang tepat akan menciptakan ruang luar yang indah dan fungsional.

Contoh Bentuk Lanskap Taman

Ada beberapa contoh bentuk lanskap taman sesuai dengan area lahan yang dibangun. Berikut ini beberapa contohnya:

Melingkar

Jenis bentuk lanskap ini sangat cocok untuk membangun pulau, kolam, dan fitur air ke dalam desain Anda. 

Taman melingkar dapat bersifat formal atau informal, tergantung pada preferensi Anda dan seberapa banyak usaha yang Anda lakukan untuk membuatnya.

Prinsip dan Bentuk Lanskap Taman Kecil

Oval

Taman berbentuk oval sangat serbaguna, karena dapat digunakan untuk desain formal dan informal. Taman berbentuk oval juga terlihat bagus jika digunakan bersama dengan taman berbentuk lingkaran!

Persegi

Taman berbentuk persegi sering digunakan dalam desain formal karena menawarkan kesan keteraturan dan simetri yang membantu menciptakan tampilan keseluruhan yang indah. 

Namun, mereka juga dapat digunakan dalam desain informal juga!

Contoh Bentuk Lanskap Taman Persegi

Jelajahi bentuk-bentuk lansekap ini untuk mengetahui bagaimana kami dapat mengubah ruang luar anda menjadi sebuah karya seni

Jalur Taman

Jalur taman adalah cara yang bagus untuk menghubungkan berbagai area di halaman Anda sekaligus menambah daya tarik dan dimensi. 

Anda dapat memilih dari beberapa jenis batu yang berbeda seperti batu tulis atau batu bendera, yang keduanya merupakan pilihan tahan lama yang akan bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan minimal.

Teras

Teras adalah tambahan hebat lainnya yang memungkinkan Anda menciptakan ruang tamu luar ruangan yang sempurna untuk menjamu tamu atau menikmati waktu bersama keluarga di malam musim panas yang hangat. 

Teras sangat ideal karena mudah dibersihkan dan tidak memerlukan banyak perawatan setelah dipasang. 

Ada banyak pilihan material yang tersedia termasuk paving batu bata, lempengan beton, dan bahkan jalan setapak beton yang dicor.

Itulah ulasan singkat kami tukang taman surabaya tentang prinsip dan bentuk lanskap taman kecil, mungkin masih banyak kekurangan karena penjelasan yang kurang detail.