Adsen Bawah Navi

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya. Mengulas tentang jenis batu dekoratif taman terbaik yang biasa digunakan sebagai hardscape pada taman.

Batu dekoratif taman adalah sebuah elemen yang dapat mempercantik dan memberi karakter pada taman. Selain itu, batu dekoratif juga dapat menambahkan tekstur dan kontras pada taman, sehingga menjadikannya lebih menarik.

Ada banyak jenis batu dekoratif yang dapat digunakan di taman. Beberapa di antaranya adalah batu alam, batu bata, batu kerikil, dan batu sintetis. 

Batu alam memiliki bentuk yang unik dan menghadirkan warna alami yang indah. Batu bata dapat memberikan kesan klasik dan elegan pada taman. 

Batu kerikil dapat menambahkan tekstur dan warna pada taman. Sedangkan batu sintetis memiliki kelebihan dari segi ketahanan dan mudah dibersihkan.

Batu dekoratif dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi di taman. Salah satu cara menggunakannya adalah sebagai jalan setapak atau pembatas taman. 

Batu dekoratif juga dapat digunakan sebagai hiasan taman, seperti sebagai potongan batu yang ditempatkan di taman atau sebagai batu yang ditempatkan di sekitar taman.

Tukang Taman Surabaya Tentang 10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Memanggang marshmallow di perapian Anda, menikmati segelas anggur di teras Anda, atau sekadar menikmati keindahan taman Anda yang terpelihara dengan baik semuanya bisa menjadi cara Anda menikmati halaman Anda.

Bahkan, menurut Survei Tren Desain Rumah The American Institute of Architects, yang dilakukan selama kuartal pertama tahun 2009, popularitas elemen hidup di luar ruangan di rumah terus tinggi. 

Baca juga 3 Unsur Elemen Dalam Pembuatan Taman

60 persen responden telah melihat peningkatan permintaan untuk ruang tamu di luar ruangan, termasuk elemen seperti teras atau dapur.

Banyak dari ruang luar ini mencakup beberapa jenis hardscaping, atau struktur padat yang lebih tahan lama di taman untuk meningkatkan fungsionalitas dan keindahan ruang.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi kualitas unik dari 10 jenis batu yang berbeda yang digunakan untuk membuat hardscaping untuk taman.

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Berikut adalah penjelasan beberapa jenis batu dekoratif untuk taman yaitu diantaranya:

1. Batu Kali

Batu kali adalah istilah yang digunakan dalam bahasa Indonesia untuk menyebut jenis batuan yang biasa digunakan untuk keperluan konstruksi. 

Ini biasanya merupakan jenis batuan vulkanik yang kuat dan tahan lama, menjadikannya pilihan populer untuk bahan bangunan seperti batu paving dan batu bata. 

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Dalam beberapa kasus, batu kali juga dapat digunakan untuk merujuk pada jenis batuan yang penampilan dan sifatnya mirip dengan basal, yang merupakan salah jenis batu dekoratif taman yaitu jenis batuan vulkanik lainnya.

2. Batu Karang

Batu karang adalah batuan yang terbentuk dari endapan karbonat seperti kalsium atau magnesium. Batu karang umumnya terdapat di daerah pantai atau dasar laut, dan memiliki tekstur yang keras dan kasar. 

Batu karang biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat semen atau digunakan sebagai bahan pembangunan.

Baca juga No.1 Jual Batu Besar Untuk Taman Murah

kerangka organisme laut seperti karang, moluska, dan invertebrata lainnya. Ini adalah bahan yang keras dan tahan lama 

yang dihargai karena tampilannya yang menarik dan biasa digunakan sebagai bahan bangunan di Indonesia dan negara tropis lainnya.

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Batu karang menjadi pilihan jenis batu dekoratif taman, batu karang terbentuk ketika terumbu karang tumbuh dan kerangka polip karang dan organisme laut lainnya menumpuk di dasar laut. 

Seiring waktu, kerangka ini dapat dipadatkan dan disemen bersama, membentuk batuan padat. Batu karang biasanya ditemukan di perairan pantai yang dangkal dan dapat ditambang dari dasar laut atau diambil dari terumbu karang yang ada.

Warna dan kenampakan batu koral bisa berbeda-beda tergantung dari jenis koral dan organisme laut lain yang ada di dalam batuan tersebut. 

Warnanya bisa berkisar dari putih ke merah muda ke merah, dan seringkali memiliki tekstur berpori seperti sarang lebah. 

Karena tampilan dan daya tahannya yang menarik, batu koral sering digunakan dalam konstruksi bangunan, dinding, dan fitur arsitektural lainnya.

3. Batu Kapur (Limestone)

Salah satu jenis batu dekoratif taman untuk hardscaping taman adalah batu kapur. Itu adalah batuan sedimen, atau batu yang terdiri dari butir-butir batu, fosil, dan tanaman yang terkikis, 

bersama dengan lumpur dan pasir yang dipadatkan dan dikemas menjadi satu. Batu kapur hadir dalam berbagai warna dari putih hingga merah dan hitam [sumber: The Stone Network].

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

4. Batu Pasir (Sandstone)

Batu pasir, batuan sedimen lainnya, bekerja dengan baik untuk aplikasi luar ruangan. Sementara batu kapur dapat menggabungkan sejumlah tumbuhan dan hewan yang pernah hidup ke dalam 

komposisinya, batu pasir dibuat ketika butiran pasir, bersama dengan mineral lainnya, disemen bersama dari waktu ke waktu untuk menghasilkan batu mulai dari coklat kemerahan hingga putih.

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Batu pasir merupakan jenis batu dekoratif taman termasuk batu paving yang baik karena dapat dengan mudah dipecah menjadi lempengan tipis.

Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda akan membuat dinding penahan atau dinding privasi. 

Dinding batu pasir dapat menambah ketinggian lanskap taman Anda. Untuk melangkah lebih jauh, latih sulur panjat ke dinding untuk percikan warna dan daya tarik alami.

Baca juga 5 Fungsi Batu Taman Terbaik

Secara tradisional, batu gamping telah digunakan di banyak proyek bangunan, Batu kapur, seperti kebanyakan batu alam, dapat bertahan terhadap unsur-unsur luar. 

Untuk tujuan hardscaping, batu kapur bekerja dengan baik sebagai batu dinding serta batu untuk membuat lantai seperti teras atau jalan setapak.

5. Bluestone

Bluestone adalah jenis batu pasir yang berbeda dan terkenal karena warna abu-abu kebiruannya. "Bluestone adalah salah satu batu ubin paling populer - terutama di timur laut," kata Liz Pulver, seorang arsitek lanskap yang terdaftar di New York dan California.

Sama seperti batupasir lainnya, bluestone menjadi pilihan salah satu jenis batu dekoratif taman yang dapat digunakan untuk berbagai proyek hardscaping. Ini dapat digunakan dalam aplikasi seperti dinding dan lantai. 

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Jjenis batu dekoratif taman yang satu ini mempunyai daya tahannya juga menjadikannya pilihan yang baik untuk pijakan luar ruangan.

Dalam bentuk boulder, warna bebatuan dapat menarik perhatian sebagai titik fokus taman batu. Tempatkan bangku bluestone di sudut khusus halaman untuk tempat duduk sekaligus percikan warna

6. Batu Tulis (Slate Stone)

Meskipun Anda mungkin menganggap slate sebagai bahan atap, slate juga bekerja dengan baik di banyak aplikasi hardscaping. 

Batuan sabak awalnya dimulai sebagai serpih yang seiring waktu bermetamorfosis menjadi batuan baru. Slate biasanya berwarna abu-abu, hijau atau biru, dan mudah retak menjadi lempengan tipis batu.

Beberapa kualitas alami batu tulis menjadikannya pilihan yang baik untuk aplikasi luar ruangan tertentu. 

Karena fakta bahwa batu tulis secara alami pecah menjadi potongan-potongan tipis, itu adalah batu paving yang bagus. 

Bisa juga dibuat menjadi ubin batu yang membuat lantai terlihat lebih formal. Ketahanan air alami Slate menjadikannya pilihan yang baik untuk fitur atau kolam di dekat air

7. Flagstone

Batu nisan dapat dibuat dari berbagai jenis batuan. Batu nisan terbuat dari batuan alam - biasanya batu sedimen seperti batu kapur atau batu pasir - dan biasanya setebal satu hingga dua inci (2,5 hingga 5,1 sentimeter). 

Batu ubin, menurut definisi kami, adalah bahan yang cukup tangguh untuk bertahan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama," kata First. "Ini relatif tipis dan rata sehingga bisa diinjak dan dipasang dengan cukup mudah.

Batu ubin salah satu jenis batu dekoratif taman yang paling sering digunakan untuk jalan setapak, teras, tapak tangga, dan pelapis dinding," kata Pulver.

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Batu ubin dapat berbentuk tidak beraturan atau lebih seragam menjadi persegi atau persegi panjang tergantung pada preferensi Anda. 

Versi berbentuk seragam menawarkan kemungkinan pola untuk menambahkan formalitas atau sentuhan dekoratif pada area yang Anda buat.

Seiring dengan gaya, Anda harus memikirkan fungsionalitas saat memilih batu yang tepat untuk aplikasi Anda. 

Saat memilih batu nisan untuk permukaan jalan, pastikan untuk memikirkan betapa licinnya permukaan saat basah; 

memilih sesuatu dengan tekstur yang lebih sedikit mungkin membantu daya tarik sehingga batu ubun termasuk jenis batu dekoratif taman.

8. Fieldstones

Fieldstone diberi nama dengan tepat, karena banyak dari batu ini biasanya ditemukan di ladang atau ruang terbuka alih-alih ditambang dari tambang.

Jenis batu bulat ini cenderung memiliki warna acak, meskipun biasanya dikategorikan berdasarkan ukuran untuk pembelian. Batu-batu ini dapat memberikan nuansa yang lebih eklektik pada sebuah taman.

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Fieldstones paling sering digunakan sebagai jenis batu dekoratif taman batu dinding. Batu lapangan yang dijual sebagai batu dinding cenderung lebih besar 

dan memberikan kedalaman lebih dari batu ubin besar, memungkinkan kedalaman dan dimensi yang lebih besar pada dinding. 

Batu-batu ini bekerja dengan baik sebagai dinding atau pelapis dinding yang berdiri bebas, atau untuk membuat tempat tidur yang ditinggikan untuk taman.

9. Batu Kerikil (Decoratif Gravel)

Jenis batu dekoratif taman kerikil lebih banyak digunakan untuk menggambarkan ukuran batuan daripada jenis batuan yang sebenarnya. 

Kerikil bisa datang dalam berbagai batu dan warna. Karena ukurannya yang kecil, orang menggunakan kerikil dengan berbagai cara di sekitar pekarangan.

Kerikil cenderung menjadi pilihan yang murah untuk banyak area hardscaping. Untuk jalan masuk, kerikil harus bersudut, 

atau dibentuk sedemikian rupa sehingga memungkinkannya memadat saat diinjak, bukan bulat, yang dapat membuat permukaan menjadi lebih tidak rata. 

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Menggunakan kerikil sebagai pengganti mulsa di kebun dapat memberikan alternatif perawatan yang lebih rendah. 

Kerikil tertentu, seperti bebatuan sungai, terlihat bagus di fitur air. Namun, satu tempat yang mungkin ingin anda hindari kerikil adalah di sekitar kolam

atau bak mandi air panas, karena batu-batu kecil dapat dengan mudah masuk ke dalam air.

10. Thin Vener Stone

Sama seperti kerikil, batu veneer dapat dibuat dari berbagai jenis batu. Ini masih merupakan produk batu alam, meskipun dipotong khusus untuk digunakan pada permukaan struktur. 

Batu veneer tipis hanya dipotong lebih tipis untuk memungkinkan lebih banyak lapisan batu dan tampilan serupa dengan lebih sedikit batu yang digunakan.

10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik

Banyak campuran batu sekarang dapat dipasok dalam lapisan tipis dan direkatkan ke fondasi dinding sebagai pengganti bahan batu tebal penuh yang membutuhkan langkan penyangga struktural," kata Roehrig.

Jenis batu dekoratif taman seperti Fieldstone, limestone, dan sandstone adalah batu yang biasa digunakan untuk membuat veneer tipis.

Dalam pengaturan pekarangan, batu veneer tipis memiliki banyak kegunaan. Dapur luar ruangan dan perapian adalah dua aplikasi potensial untuk batu veneer tipis. 

Pabrikan tertentu sekarang membuat cangkang perapian dan lemari luar sesuai spesifikasi yang dibutuhkan untuk menutupi produk dengan batu veneer tipis.

Apakah Anda memilih untuk menggunakan batu untuk membuat area dapur luar ruangan atau sebagai aksen di taman Anda, 

variasi yang luas dalam bahan alami ini memungkinkan banyak personalisasi untuk menciptakan tampilan yang sempurna untuk hardscaping di ruang luar Anda.

Bagaimana cara menyiapkan tanah untuk batu dekoratif?

Pastikan untuk mencabut semua gulma yang mungkin ada, termasuk akarnya, dan gali rumput di area yang diinginkan untuk memastikan bahwa batu hias diletakkan sejajar dengan permukaan sekitarnya.

Apa yang harus saya letakkan di bawah batu dekoratif?

Lapisan kain lansekap atau plastik lansekap akan melayani banyak tujuan, termasuk mencegah pergerakan batu hias yang diletakkan di atasnya dan mencegah pertumbuhan gulma di tanah di bawahnya dan membuatnya tiba-tiba muncul di antara bebatuan.

Bagaimana cara menyimpan batu dekoratif di tempatnya?

Dengan menempatkan satu lapis kain lansekap di bawah batu dan di atas tanah, batu akan dicegah bergerak atau tenggelam ke dalam tanah. Strip tepi juga dapat digunakan untuk tujuan yang sama.

Seberapa dalam batu hias harus diletakkan?

Rekomendasi umum untuk kedalaman di mana Anda harus meletakkan batu hias biasanya berkisar antara 3-4 inci, tergantung pada ukuran batu. 

Batu yang lebih kecil dapat diletakkan di lapisan yang sedikit lebih tipis sekitar 3 inci, sedangkan batu yang lebih besar harus diletakkan setidaknya 4 inci.

Bagaimana cara membersihkan batu hias?

Meskipun batu hias biasanya membutuhkan perawatan yang rendah, Anda tetap perlu membersihkannya sesekali, untuk mempertahankan penampilan rapi yang Anda inginkan. 

Sebagian besar pemeliharaan yang perlu Anda lakukan untuk batu hias Anda sederhana seperti mencabut rumput liar dan meniup daun dan puing-puing lainnya dari tempat tidur lansekap saat muncul. 

Namun, jika Anda merasa perlu membersihkan batu lebih dalam, prosesnya sedikit lebih langsung dan termasuk menyaring batu, 

mencucinya dengan kuat, dan kemudian menempatkannya kembali pada posisinya. Namun proses ini jarang diperlukan.

Iyulah ulasan kami tukang taman Surabaya tentang 10 jenis batu dekoratif taman yang dapat anda gunakan untuk melengkapi taman anda agar lebih alami dan indah.

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Batu Dekoratif Taman Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel