Adsen Bawah Navi

2 Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman Terbaik

Konten [Tampil]

Tukang Taman Surabaya. Tentang bagaimana cara menghitung biaya pembuatan taman sehingga ada anggaran biaya yang harus anda siapkan ketika ingin membuat sebuah taman landscape.

Bisa juga dapat dipergunakan sebagai contoh rab pembuatan taman, misalkan rab untuk pembuatan taman sekolah yang mungkin area lokasi luas 

sehingga membutuhkan beberapa rincian biaya pembuatan taman sekolah atau biaya pembuatan taman kota

Karena ketika anda sudah mempunyai rincian biaya pembuatan taman landscape setidaknya anda dapat mengetahui seberapa besar biaya yang harus anda siapkan sesuai dengan konsep taman anda.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman

Namun untuk setiap tahunnya tidak ada perubahan patokan harga, yang mempengaruhi besar kecilnya biaya pembuatan taman adalah jenis tanaman hias dan jenis pohon bonsai yang ditanam.

Jadi untuk harga taman per meter 2022 relatif sama dengan tahun sebelumnya. Untuk biaya pembuatan taman minimalis mungkin bisa dengan sistem borongan karena memang luas area taman yang sempit.

Akan berbeda lagi jika anda akan menghitung biaya pembuatan taman bermain anak, maka akan lebih membutuhkan yang detail dan terperinci bukan sekedar mencari biaya pembuatan taman per m2 saja.

Silahkan baca dengan seksama dan cermat biar paham apa yang kami tulis berikut, tentang cara menghitung biaya pembuatan taman versi kami sebagai tukang taman surabaya.

Tukang Taman Surabaya Tentang 2 Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman Terbaik

Dua cara yang kami tukang taman surabaya maksud adalah dengan menghitung secara manual dan menghitung menggunakan aplikasi office excel.

Cara Manual

Anda menulis secara manual dalam buku catatan tentang urain dan item apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan taman.

Mulai dari jenis tanaman, jumlah tanaman dan pohon, harga satuan, deksripsi pekerjaan baru kemudian jumlah total biaya pembuatan taman.

Namun anda menghitungnya secara manual dengan bantuan alat penghitung seperti kalkulator atau lainnya. sehingga akan membutuhkan waktu yang agak lama.

Cara Aplikasi

Cara yang kedua ini menurut kami tukang taman surabaya relatif lebih cepat dan simpel. Apalagi anda sudah mempunyai template seperti rab biaya pembuatan taman atau surat penawaran untuk taman.

Maka anda tinggal memasukkan urain item pda kolom yang sudah disediakan termasuk memasukna harga satuan 

maka akan sistem akan memproses secara otomatis untuk perhitungannya, baik perkalian maupun penjumlahan.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman

Tukang taman surabaya

Tukang taman surabaya

Tukang taman surabaya

Rincian Biaya Pembuatan Taman

Berdasarkan pengalaman kami sebagai jasa tukang taman surabaya akan memberikan penjelasan tentang rincian biaya pembuatan taman.

Namun disini kami tukang taman surabaya cara membuat rincian biaya pembuatan taman dengan menggunak konsep desain taman yang standart.

Artinya hanya memenuhi unsur elemen pada pembuatan taman, dengan tidak menggunakan tanaman atau pohon mewah seperti bonsai dan sejenisnya.

Kami tukang taman surabaya menghitung biaya pembuatan taman dengan skala perbandingan yang sederhana dengan luas area taman 10 M2.

Unsur elemen pokok taman 

  • Hardscape : Batu hias taman, bareman/kastin atau batas taman
  • Landscape : Rumput dan tanaman hias
Ukuran akar diameter tanaman hias per polibag 

  • Tanaman hias semak ukuran kecil (groundcover) : 13 cm/polibag Contoh : taiwan dan krokot dll.
  • Tanaman hias perdu dengan ketinggian 15 - 35 cm : 25 cm/polybag. Contoh : Puring dan walisongo dll
  • Tanaman hias maskot/mewah contoh:Bromelia, aglonema, sikas, siklok dan lainnya
Sehingga jika dikalkulasi untuk luas area per 1 m2 membutuhkan :

  • 100 cm : 13 = 9 polybag
  • 100 cm : 25 = 4 polybag
  • Catatan kebutuhan tanaman hias dapat juga disesuaikan dengan jarak tanam per tanaman, bisa lebih dekat (rapat) atau juga lebih berjauhan tergantung anda.
Harga tanaman Per polybag :

  • Semak kisaran Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000
  • Perdu kisaran Rp. 10.000 sampai Rp. 25.000
Untuk area dengan luas 10 M2, dengan perbandingan 70% untuk rumput taman dan 30% tanaman hias. Namun bukan standar pokok karena bisa tergantung dengan keinginan anda, misal 60:30. 

Berikut cara kami tukang taman surabaya. Maka rincian biaya pembuatan taman :

  • Top soil (tanah taman) dan lansir meratakan: luas 10 m x tinggi 30 cm =  3 kubik = Rp. 600.000
  • Rumput taman dan jasa tanam : 7 m x Rp. 60.000/M2 = Rp. 420.000
  • Tanaman hias semak (groundcover) : 10 x Rp. 10.000/polybag = Rp. 100.000
  • Tanaman hias perdu : 5 x Rp. 25.000 = Rp. 125.000
  • Batu hias taman : 4 x Rp. 50.000 = Rp. 100.000
  • Batu pijakan : 4 x Rp. 35.000 = Rp 140.000
  • Pembuatan kastin/bareman batas taman keliling 20 meter : 20 x Rp. 25.000 = Rp. 400.000
  • Upah pekerja/tukang taman : 2 x Rp. 250.000 = Rp. 500.000
  • Lampu taman (rekomendasi saja)
  • Jumlah total : Rp. 2.385.000

Rincian biaya pembuatan taman apabila dikerjakan oleh kami sebagai tukang taman surabaya. Namun jika anda kerjakan sendiri harga diatas sebagai referensi untuk estimasi perkiraan dalam biaya pembuatan taman anda.

Biaya Pembuatan Taman Minimalis

Contoh perhitungan yang kami tukang taman surabaya tulis diatas merupakan biaya pembuatan taman minimalis dalam arti hanya untuk menghitung luas area taman dengan ukuran yang sempit atau terbatas.

Namun untuk perhitungan biaya pembuatan taman dengan luas area yang luas seperti di atas 100 M2 maka membutuhkan rencana perhitungan lebih detail lagi dengan berpedoman pada desain taman.

Baca juga Contoh Surat Penawaran Harga Pembuatan Taman

Tentunya perlu adanya RAB pembuatan taman, dengan mencatumnya jenis tanaman hias, jenis pohon pelindung, jenis bonsai, kuantitas tanaman, harga satuan, lama pekerjaan dan jumlah total biaya pembuatan taman.

Tetapi setidaknya dengan beberapa urain yang telah kami tukang taman surabaya bahas seperti ukuran diameter tanaman hias, 

harga tanaman hias per polibag, perbandingan area penggunanaan antara rumput dan tanaman hias dapat sebagai acuan anda dalam membuat sebuah rab pembuatan taman

Contoh Rab Pembuatan Taman

Jika anda masih bingung memulai dari mana dalam pembuatan RAB taman, maka anda bisa membaca tulisan artikel kami tentang Download Contoh RAB Pembuatan Taman Excel, Pdf dan Xls

Tetapi hanya sebagai contoh saja, untuk lebih detail anda bisa menambah beberapa item yang lain untuk menyempurnakan.

karena mungkin membutuhkan analisa yang lebih mendalam tentang harga satuan tanaman hias pada masing-masing akan berbeda.

Bisa saja harga tanaman hias lebih murah atau bahkan lebih mahal. Jadi setidaknya anda lebih jelasnya bisa survei atau browsing untuk harga tanaman hiasnya.

Harga Taman Per Meter 2022

Secara umum untuk standar harga taman per meter 2022 dengan sistem borongan maka perhitungan kami tukang taman surabaya diatas 

dapat dibulatkan untuk harga taman per meter atau Biaya Pembuatan Taman Per M2 dengan ukuran taman minimalis kisaran antara Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000 tergantung kondisi pekerjaan dilapangan.

Mungkin ada pekerjaan lain, seperti pembersihan lahan atau pembuangan sampah sisa bangunan. Jadi untuk lebih jelas tentang harga dan teknis pekerjaan pembuatan taman bisa langsung kontak kami.

Rincian Biaya Pembuatan Taman Sekolah

Taman sekolah dapat sebagai sarana berkumpul bersantai dan belajar, dengan membentuk komunitas adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak tertarik untuk bertaman. 

Namun, daerah yang sangat padat mungkin tidak memilikinya di dekat tempat tinggal anak tertentu. Di daerah perkotaan seperti itu, 

menjadi lebih umum bagi sekolah untuk mengambil proyek bertaman untuk kepentingan siswa mereka.

Taman sekolah dapat mengajari anak-anak tentang tanggung jawab, kerja tim, dan membenamkan mereka dalam konsep berkebun organik dan komunitas berkelanjutan. 

Jika Anda adalah orang tua, guru, atau administrator sekolah dan telah mempertimbangkan proyek berkebun untuk alasan institusi pendidikan anda.

Menurut kami tukang taman surabaya. Rincian biaya pembuatan taman sekolah cara membuat dan menghitungnya sama saja dengan taman yang lain.

Mungkin yang membedakan hanya konsep desainnya dengan mengutamakan pada fungsi green area lingkungan sekolah.

Jadi untuk pemilihan tanaman hias dengan menggunakan pohon peneduh, berikut rekom dari kami tukang taman surabaya beberapa pohon pelindung dan peneduh

  • Pohon tabebuya
  • Ketapang kencana
  • Ketapang laut
  • Pohon pule
  • Dadap merah
  • Pucuk merah
  • Kiara payung

Biaya Pembuatan Taman Kota

Taman kota menyediakan akses ke peluang rekreasi, meningkatkan nilai properti, memacu ekonomi lokal, memerangi kejahatan, dan melindungi kota dari dampak lingkungan.

Taman lokal adalah bagian integral dari kota yang bahagia dan sehat. Banyak sekali manfaat yang didapat dari memiliki taman kota yang berkualitas. 

Mungkin dengan cara yang paling terlihat, mereka menyediakan ruang hijau yang indah dan biasanya memiliki program yang bagus untuk komunitas Anda. 

Baca juga 10 Jenis Pohon Perindang Halaman Rumah

Namun, ada banyak manfaat kesehatan serta manfaat sosial lainnya di bawah permukaan untuk memiliki ruang terbuka yang luas di komunitas Anda.

Untuk biaya pembuatan taman kota harus memang ahli dalam bidang arsitek landscape sekaligus tata ruang kota dengan planning yang lebih detail.

Demikian ulasan sederhana kami tukang taman surabaya tentang bagaimana cara menghitung biaya pembuatan taman dengan skala luas area yang minimalis.

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Menghitung Biaya Pembuatan Taman Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel