Jenis Tanaman Anggrek Dan Cara Budidaya Lengkap

Jasa Tukang Taman Surabaya. Pada artikel ini membahas tentang jenis tanaman anggrek sebagai tanaman epifit yaitu Calanthe Vestita. Namun anda juga perlu tahu apa pengertian tanaman anggrek secara umum tentang deskripsi bunga anggrek, begitu pula harga dari tanaman anggrek. 

Karena tanaman bunga anggrek memiliki ciri-ciri yang berbeda setipa spesies dari tanaman anggrek. Mungkin diantara pecinta tanaman hias ingin mengetahui bagaimana cara budidaya tanaman anggrek dengan menjelaskan secara singkat teknik budidaya tanaman anggrek

Langkah pertamana diantaranya adalah bagaimana cara pengolahan tanah yang baik dalam budidaya tanaman anggrek, kemudian bagaimana cara memelihara tanaman anggrek secara harian

Cara Budidaya Tanaman Anggrek

Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Jenis Tanaman Anggrek Epifit Calanthe Vestita

Calanthe vestita adalah jenis anggrek terestrial, tetapi kadang-kadang ditemukan sebagai epifit atau litofit. Anggrek ini hidup di habitat yang sangat hangat. Calanthe vestita sering disebut Calanthe yang cantik.

Ini mengacu pada nama jenisnya, yaitu vestita, yang berarti berpakaian ("berpakaian"), ini menggambarkan bagian bunga dari tangkai bunga sampai bunga itu sendiri diisi dengan rambut yang sangat halus.


Pengertian Tanaman Anggrek 

Calanthe vestita adalah jenis klan Calanthus. Sejauh ini, kita tahu bahwa ada 170 spesies dari klan Calanthe. Sebagian besar spesies Calanthus tumbuh sebagai anggrek terestrial dan kadang-kadang tumbuh di bebatuan (lithophyt) dan hanya sebagian kecil yang anggrek epifit.


Jasa Tukang Taman Surabaya


Deskripsi Bunga Anggrek

Tanaman anggrek / anggrek ini memiliki pseudobulb abu-abu pucat dan mengembang ke bawah. Daun muncul dari ujung pseudostrone dengan jumlah 4 lanceolate hingga untai oval tanpa rambut halus, dengan panjang daun 40 cm dan lebar daun 5 cm. Daun hijau pucat ini didukung oleh batang daun yang kuat dan bersayap.

Ciri-ciri Tanaman Anggrek

Menurut pengalaman kami sebagai jasa tukang taman surabaya. Perbungaan muncul di antara daun, di pangkal batang tegak dan bebek di tepi. Panjang tangkai bunga bisa mencapai panjang 70 cm dan bisa menampung hingga 10 hingga 20 bunga.

Semua bagian batang dari perbungaan dan batang bunga diisi dengan rambut-rambut halus. Ada lanceolate bract (selubung), hijau muda, yang juga diisi dengan rambut-rambut halus.
Baca juga Jenis Tanaman Untuk Taman Depan Rumah
Bunga-bunga sepal dan kelopak berwarna putih murni dengan bibir dengan 4 kurva, dua kurva di tengah dipisahkan oleh interval yang dangkal. Pangkal bibir berwarna oranye tepat di bawah gynostem.

Di bagian belakang bibir, ada juga taji yang melengkung (panjang sekitar 1,5 cm). Anggrek ini cenderung mekar selama musim hujan (dari Oktober hingga Februari) dan memiliki ketahanan terhadap pembungaan hingga 2 minggu (14 hari).

Calanthe vestita anggrek ditemukan di Myanmar, Vietnam, Thailand bagian bawah, Malaysia, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi di hutan kapur di hutan pegunungan di permukaan laut hingga 1000 meter. dengan sudut miring.


Budidaya Tanaman Anggrek Lengkap

Jenis-jenis anggrek yang ditemukan di Indonesia, termasuk spesies yang indah, meliputi: Vanda tricolor ditemukan di Jawa Barat dan Kaliurang, Vanda hookeriana, dengan bintik-bintik ungu dari
Sumatra, anggrek laras / Dendrobium phalaenopis, anggrek bulan / Phalaenopsis amabilis.
Baca juga 5 Tehnik Dasar Budidaya Tanaman Hias
Dari sumber info yang kami jasa tukang taman surabaya peroleh. Anggrek Blossom, Paphiopedilun praestans yang berasal dari Anggrek Irian Jaya dan Paphiopedilun glaucophyllum dari Jawa Tengah. Tanaman anggrek bisa dibedakan menurut sifat hidupnya, adalah:
  1. Anggrek Ephytis yaitu ragam anggrek yang menupang pada batang/pohon lain namun tak merusak/merugikan yang ditumpangi. Alat yang diterapkan untuk merekat yakni akarnya, padahal akar yang fungsinya untuk mencari makanan yaitu akar udara.
  2. Anggrek semi Ephytis ialah ragam anggrek yang melekat pada pohon/tanaman lain yang tak merusak yang ditumpangi, cuma akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara adalah untuk mencari makanan untuk berkembang
  3. Anggrek tanah/anggrek Terrestris merupakan macam anggrek yang hidup di atas tanah.
Pengertian Tanaman Anggrek


Jelaskan Secara singkat Teknik Budidaya Tanaman Anggrek

Benih anggrek yang bagus, sehat dan unggul memiliki sebagian ciri, ialah: wujud batang kuat,
pertumbuhan kencang, daun subur, bunga lebat dan cantik.

1. Penyebaran Biji
Benih anggrek berasal dari biji yang disemaikan. Adapun penyebaran biji anggrek sebagai berikut:
a) Kelengkapan yang diterapkan untuk penyebaran biji sepatutnya bersih.

b) Mensterilkan biji. 
Sebelum biji disebar mesti disterilkan dahulu dengan 10 gram kaporit dilarutkan dalam 100 cc air, kemudian saring kertas saringan, dimasukkan ke dalam botol. 
Baca juga 8 Cara Budidaya Bunga Hias Bagi Pemula
Biji dimasukan dalam botol dan digojog 10 menit (biji anggrek yang semula kuning kecoklatan berubah warna menjadi kehijauan). Kemudian air dibuang dan diganti dengan aquades, digojog berulang kali (2-3 kali).

c) Penyebaran biji anggrek
Botol-botol yang sudah disterilkan bisa diterapkan untuk menyebaran biji anggrek. Sebelum botol
dibuka, leher botol dipanaskan di atas lampu spritus untuk menghilangkan bakteri. 

Tips dari kami jasa tukang taman surabaya. Untuk memasukan biji anggrek ke dalam botol diterapkan pipet yang dibersihkan dahulu dengan metode pemanasan di atas lampu spritus hingga merah kemudian dicelup kedalam spritus. 
Baca juga 8 Langkah Tepat Pemindahan Repotting Bunga Adenium
Botol yang sudah terbuka kemudian diisi biji anggrek dan diratakan keseluruh permukaan media yang sudah disediakan. Sebelum botol ditutup kita panaskan lagi di atas spritus kemudian ditutup kembali.

2. Teknik Penyemaian Bibit
a) Memeriksaan dengan mikroskop, bagus atau tidaknya biji anggrek, yang kosong berwarna putih dan yang isi kuning cokelat/warna lain.

b) Mempersiapkan botol yang bermulut lebar bersih dan tak berwarna supaya bisa meneruskan sinar
sang surya yang diperlukan dan gampang diperhatikan.

c) Tutup botol dari kapas digulung-gulung hingga keras, ujung diikat tali untuk mempermudah dicopot kembali, atau kain sisa yang dipotong potong. Kerapatan tutup botol menjaga supaya kuman/jamur tak masuk sehingga tak terinfeksi atau terkontaminasi.

d) Mempersiapkan lemari kaca (entkas) yang bersih dari kuman/jamur dengan menyemprotkan alkohol 70% atau spirtus. Entakas yang bail diberikan tablet formalin agar tak ada kontaminasi.

e) Pembuatan media dan sterilsasi untuk membikin media tanam kebiasaan anggrek lazimnya diaplikasikan resep

  • Khudson C (NORTHEN) 12 ialah:
  • Ca(NO3)2H2O : 1,00 gram
  • KH2PO4 : 0,25 gram
  • MgSO47H2O : 0,25 gram
  • (NH4)2SO4 : 0,25 gram
  • Saccharose : 20 gram
  • FeSO4 4H2O : 0,25 gram
  • MnSO4 : 0,0075 gram
  • Supaya-supaya : 15-17,5 gram
  • Aquadest : 1000 cc

Bagaimana Cara Pengolahan Tanah Yang Baik Dalam Budidaya Tanaman Anggrek

Menurut kami jasa tukang taman surabaya terdapat 3 macam media untuk tanaman anggrek, ialah :

Media untuk anggrek Ephytis dan Semi Ephytis terdiri dari:
1. Serat Pakis yang sudah digodok.
2. Kulit kayu yang dibuang getahnya.
3. Serabut kelapa yang sudah direndam air selama 2 pekan.
4. Ijuk.
5. Potongan batang pohon enau.
6. Arang kayu .
7. Pecahan genting/batu bata.
8. Bahan-bahan dipotong berdasarkan ukuran besar tanaman dan akarnya.

Untuk anggrek Semi Epirit yang akarnya melekat pada media untuk mencari makanan, perlu dikasih makanan tambahan seperti kompos, pupuk sangkar/daun-daunan.

Media untuk anggrek Terrestria
Macam anggrek ini hidup di tanah karenanya perlu ditambah pupuk kompos, sekam, pupuk sangkar, darah hewan, serat pakis dan lainnya.

Media untuk anggrek semi Terrestria
Bahan untuk media anggrek ini perlu pecahan genteng yang agak besar, ditambah pupuk sangkar sekam/serutan kayu. Diaplikasikan media pecahan genting, serabut kayu, serat pakis dan lainnya. Derajat keasaman air tanah yang diaplikasikan ialah 5,2.


Pengolahan Media Tanam

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Media tanam untuk tanaman anggrek tanah dibedakan:
a) Tanaman Dalam Pot (dengan diameter 7-30 cm tergantung dari variasi tanaman). 
Jikalau diameter pot dipilih 25-30 cm karenanya perlu dipasang tiang di tengah-tengah pot, kemudian pot diisi pecahan genting. 
Baca juga 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam
Anggrek di letakkan di tengah dan akarnya disebar merata dalam pot, kemudian batang anggrek diikat pada tiang. Pot diisi pupuk sangkar yang sudah dicampur cocok dengan  Komposisi kaprah-kaprah 2/3 dari pot.

b) Media Tanam Dalam Tanah Dengan Sistem Bak-bak Tanam
Bak terbuat dari batu bata merah panjang 2 m lebar 40 cm dan tinggi bak 2 lapis batu bata merah. Pembuatan bak ini di atas tanah untuk menghindari dari kebecekan, di tanah kering digali sedalam 10-20 cm kemudian dikasih bata ukuran 40 cm x 2 m dan jarak antara pembantas dengan yang lain 3 cm. 

Tiang pembendung diciptakan 4 buah yang ditancapkan ke dalam tanah dengan ketinggian Masingmasing 1,5 m. Antara tiang satu dengan yang lain dikaitkan dengan kayu sehingga keempat tiang hal yang demikian adalah suatu rangkaian. 


Bagaimana Cara Memelihara Tanaman Anggrek Secara Harian

Calanthe anggrek vestita adalah jenis anggrek yang mudah dipelihara, sehingga ideal untuk perawatan kolektor anggrek pemula. Media yang digunakan untuk menanam anggrek bisa menggunakan pakis, arang, lumut atau kombinasi ketiganya.

Pemeliharaan Tanaman
1. Penjarangan dan Penyulaman
Penjarangan dan penyulaman dilaksanakan pada daerah yang disesuaikan dengan macam anggrek, yang sifatnya epphytis atau anggrek tanah.
Baca juga 10 Tips Cara Merawat Taman Dan Lingkungan Rumah
2. Penyiangan
Untuk tanaman anggrek pada penyiangan pada waktu pada keadaan di dalam botol kemudian
dipisahkan ke dalam pot-pot yang telah disediakan layak macam anggrek.

3. Pemupukan
Faktor makro adalah faktor yang dibutuhkan dalam jumlah besar yang mencakup: C, H, O, N, S, P, K, Ca, Mg. Untuk elemen mikro yakni faktor yang diperlukan dalam jumlah yang sedikit, antara lain: Cu, Zn, Mo, Mn, V, Sc, B, Si, dst. Elemen makro dan elemen mikro bisa diambil dari udara atau dari tanah, berupa gas atau air dan garam-garam yang terlarut di dalamnya.
Baca juga Cara Pemberian Pupuk Yang Tepat Pada Tanaman Hias
Pemupukan pada tanaman anggrek dibagi dalam 3 level, ialah:
a) Pemupukan untuk benih (seedlings) dengan N, P, K.
Perbandingan N:P:K=6:3:1. Elemen N lebih banyak diperlukan untuk penyusunan pertumbuhan
dan perkembangan tanaman. Elemen N diambil dari pupuk ZA/urea, untuk P diaplikasikan pupuk ES; DS; TS, dan K dari Kalium Sulfat (K2SO4).

Pupuk-pupuk buatan yang mengandung N, P, K:
1. Urea : 0,6 gram untuk 1 liter air
2. ES : 0,3 gram untuk 1 liter air
3. ZK : 0,1 gram untuk 1 liter air

b) Pemupukan untuk ukuran sedang (mid-size) dengan N, P, K. Perbandingan N:P:K=3:3:3 yang
sama banyak disini tak membutuhkan tambahan pupuk, karenanya bisa dususun sendiri pupuk yang
mengandung N, P, K dengan metode umpamanya :
1. Urea : 0,3 gram untuk 1 liter air 6
2. Ds : 0,3 gram untuk 1 liter air
3. K2SO4 : 0,3 gram untuk 1 liter air

c) Pemupukan untuk ukuran berbunga (flowerings-size) Tanaman yang telah berbunga dipupuk
dengan perbandingan N:P:K= 1:6:1. 

Demikian ulasan singkat dari kami jasa tukang taman surabaya tentang Jenis Tanaman Anggrek Dan Cara Budidaya Lengkap. Semoga bermanfaat bagi para pecinta tanaman hias (gardener) di seluruh nusantara.
Sumber : staffnew.uny.ac.id