Syarat Tumbuh Dan Ciri-Ciri Tanaman Bunga Miana (Coleus)

Jasa Tukang Taman Surabaya. Tentang syarat tumbuh dan ciri-ciri struktur morfologi tanaman bunga miana. Dikenal dengan istilah latinnya Plectranthus scutellarioides, biasanya diketahui sebagai coleus, ialah spesies tanaman berbunga di keluarga Lamiaceae, yang berasal dari Asia Tenggara sampai Australia

Ada beberapa klasifikasi dari daun miana mempunyai kandungan dari daun miana begitu pula khasiat tanaman bunga daun miana untuk pria baik daun miana yang berwarna hijau maupun bunga miana batik. Kerena daun miana bisa untuk mengobati wasir, namun untuk efek samping belum ada medis yang menjelaskan lebih detail.


Apakah bisa tanaman bunga miana/coleus untuk ditanam di dalam ruangan? Tentu saja dapat, mengapa tidak? Walaupun coleus umumnya tumbuh di luar ruangan sebagai tanaman tahunan atau sebagai penyemarak taman yang fungsinya sebagai tanaman semak penutup tanah (grouncover) namun tanaman hias daun coleus sangat indah untuk ditanam di dalam pot.

Daunnya yang berwarna semarak dapat memperkenalkan hiburan estetika dalam ruangan apabila keadaan pertumbuhannya ideal. Malah, tanaman coleus menanggapi dengan bagus kepada lingkungan dalam pot. Untuk beberapa jenis tanaman di dalam ruangan (indoor)
Baca juga 43 Macam Tanaman Hias Indoor Dan Outdoor

Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Syarat Tumbuh Dan Ciri-Ciri Tanaman Bunga Miana (Coleus)

Miana yaitu nama lain dari tanaman iler yang sarat dengan manfaat kesehatan, disebabkan adanya minyak atsiri dan antioksidan di dalamnya.

Kecantikan warnanya membikin tumbuhan ini tak jarang dipakai sebagai bunga hias. Daun miana termasuk tanaman obat yang cakap memecahkan beragam macam penyakit ringan seperti bernanah, sampai penyakit berat seperti diabetes dan sembelit.
Baca juga 6 Jenis Tanaman Hias Dan Berbagai Manfaatnya
Habitat daun iler merupakan pematang sawah atau sepanjang pinggir sungai. Nama ilmiah untuk tanaman miana yakni Coleus scutellarioides atau Coleus atropurpureus, tergolong ke dalam keluarga Labiatae.

Ciri-Ciri Tanaman Bunga Miana (Coleus Houseplant) 

Tanaman miana atau iler lazimnya tumbuh subur di dataran tinggi, sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Wujud daunnya seperti hati dengan lekuk-lekuk menawan di pinggirnya.

Daun miana/iler berwarna cemerlang dan warna mempunyai jenis layak varietasnya. Bunga iler menyembul dari ujung tangkai batangnya.

Tinggi dari pohon iler bisa menempuh 30-150 cm, dengan batang tanaman yang gampang patah. Tumbuhan ini merayap dengan batang yang mempunyai penampung berbentuk persegi.

Menurut kami jasa tukang taman surabaya. Memelihara tanaman coleus atau miana di dalam ruangan sama sekali tak susah tapi memang terdapat sebagian keperluan dasar yang terkait dengan sinar dan temperatur.
Baca juga Cara Pemberian Pupuk Pada Tanaman Hias
Coleus bersuka cita dengan sinar jelas, namun hati-hati kepada cahaya sang surya dengan intensitas tinggi. Tempatkan tanaman ini di mana tanaman mendapatkan cahaya sang surya pagi yang cemerlang tapi sinar tak lantas selama petang hari.

Amati komponen daun dengan seksama. Sekiranya daun memudar dan kehilangan warna, tanaman mungkin menerima cahaya sang surya terlalu banyak.

Tapi, jikalau tanaman itu loyo dan menjatuhkan daunnya, coba berikan lebih banyak sinar. Jikalau Anda mau merasakan tanaman coleus di dalam ruangan,

Anda dapat mulai dengan tanaman baru dengan stek 2 inci yang diambil dari tanaman yang sehat dan matang.
Sumber Referensi : http://www.kinisehat.com/

Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Miana (Coleus)

Tanam tanaman di tanah pot yang lembap, lalu jagalah supaya konsisten lembab dan hangat hingga tanaman baru terwujud. Pada spot ini, lanjutkan perawatan normal.

Sesudah Anda mulai menanam coleus sebagai tanaman indoor, perawatannya yang berkelanjutan benar-benar penting untuk menjaga tanaman konsisten sehat. Berikut ialah sebagian kiat dari kami jasa tukang taman surabaya untuk membantu dalam perawatan tanaman bunga miana/coleus sebagai berikut :

  • Berikan air secara teratur untuk menjaga tanah sedikit lembab - tak kering dan tak terlalu berair. 
  • Berikan pupuk tanaman sekali tiap-tiap pekan mengaplikasikan pupuk yang larut dalam air yang dilarutkan menjadi separuh tenaga. 
  • Tempatkan pot di atas nampan dengan lapisan kerikil berair seandainya udara di rumah Anda kering. (Jangan biarkan komponen bawah pot berdiri segera di air.) 
  • Jepit ujung tanaman lebih kerap kali untuk membuatnya lebat. Jangan ragu untuk memangkas sampai sepertiga dari pertumbuhan batang kalau tanaman tumbuh terlalu panjang. 
  • Membuang bunga lantas sesudah mereka timbul, sebab mereka menarik tenaga dari dedaunan berwarna-warni. Sekiranya Anda mengizinkan mekar terus, tanaman akan berbuah dan mati. 
  • Sekiranya tanaman menjadi terlalu kurus, mungkin telah waktunya untuk mengawali dengan tanaman baru.
Demikian artikel kami jasa tukang taman surabaya tentang Syarat Tumbuh Dan Ciri-Ciri Tanaman Bunga Miana (Coleus). Semoga menambah wawasan anda tentang tanaman miana/coleus ini.