8 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium

Tukang Taman Surabaya. Tentang jenis tanaman yang dapat hidup di air sehingga dapat dikategorikan tanaman untuk aquarium. Memang ada beberapa jenis tumbuhan darat yang bisa hidup di dalam air. Jenis tanaman ini bisa hidup tanpa oksigen penuh yang dikenal dengan istilah jenis tanaman aquascape yang bisa hidup tanpa atau sedikit CO2.

Pada artikel ini ada beberapa jenis tanaman aquascape highlight yang bisa anda coba tanam dalam aquarium bagi anda yang masih pemula. Jenis tanaman hias aquarium yang mudah didapat di tempat toko-toko penjual aksesoris aquarium terdekat atau pesan secara online di marketplace.

5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium

Tukang Taman Surabaya Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium

Beberapa tempat tinggal atau tempat perkantoran yang mempunyai bak air terhadap biasanya tidak hanya memuat ikan didalam air. Di permukaan air atau didalam air terhadap biasanya diberikan tumbuhan air. 

Diberikannya lebih dari satu tumbuhan air terhadap bak atau aquarium memiliki tujuan sebagai hiasan bak atau aquarium tersebut sampai tempat tinggal untuk ikan yang ada. Bahkan kala ini banyak komunitas aquascape yakni seni mengatur tumbuhan di didalam aquarium.
Selain itu terdapatnya tumbuhan yang hidup di air bakal kurangi kondisi yang monoton dan gersang. Adapun tumbuhan aquatik merupakan tumbuhan yang bisa hidup di air yang banyak dipakai untuk mempercantik bak atau aquarium yang dimiliki, 

selain itu lebih dari satu tumbuhan aquatik ada yang bisa bersihkan air bak dan mempercantiknya. Tanaman yang hidup di air tidak membutuhkan perawatan yang begitu sulit.

Memang banyak sekali macam tumbuhan yang bisa hidup di air bisa dengan ringan ditemukan. Selain macam-macam tumbuhan yang bisa ditemukan banyak sekali macam petunjuk perawatan dan kegunaan kegunaannya bisa dengan ringan ditemukan. Berikut 5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium :

1. Bunch Plants

Tanaman air bunch plants atau tumbuhan air bercabang merupakan model cabomba. Ada dua model cabomba yang sering ditemui yakni yang berbunga ungu dan berbunga kuning. 

Untuk cabomba yang berbunga ungu mempunyai daun berwarna hijau berlapis warna ungu. Sedangkan yang berwarna kuning mempunyai warna daun hijau muda. 
Tanaman cabomba ini mempunyai batang yang berruas-ruas. Pada tiap-tiap ruasnya bakal tumbuh daun berwarna hijau yang berwujud menyerupai jarum. 

Tumbuhan ini amat cepat didalam proses tumbuhnya. Sehingga didalam pas singkat udah bisa berkembang biak amat banyak sekali. 

Untuk membudidayakannya pun sangatlah mudah. Tanaman ini amat sesuai untuk mempercantik aquarium. Tanaman ini bisa pula jadi tempat tinggal bagi ikan-ikan.


2. Telanthera Lilacina

Adapun tumbuhan bercabang lain yang bisa hidup di air yakni Telanthera lilacina. Tanaman ini biasanya disebut termasuk dengan red telanthera. 

Hal ini karena warna daun berasal dari tumbuhan ini yang berwarna merah dan terkadang sampai keunguan. 

Bentuk daun berasal dari tumbuhan ini yakni berwujud lonjong dan terhadap bab ujungnya meruncing. Tanaman ini bisa tumbuh capai 30 cm. 

Biasanya model ini dipakai untuk menciptakan aquarium jadi berwarna dengan daun yang berwarna ternag flora ini termasuk ringan untuk tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan yang amat rumit.


3. Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan model floating plants atau tumbuhan mengapung. Tanaman ini lebih sering dipakai sebagai penghias terhadap kolam. 

Tanaman ini mempunyai nama latin Eichhornia crassipes. Eceng gondok pertama kali ditemukan didaerah sungai amazon Brazil. 

Tanaman ini mempunyai perkembangan yang amat cepat oleh alasannya yakni itu sering dirasa sebagai tumbuhan pengganggu. Tinggi tumbuhan eceng gondok ini pada 0,4 sampai 0,8 meter. 
Jenis daun tumbuhan ini yakni model daun tunggal yang mempunyai wujud oval. Pada ujun daunnya meruncing. Eceng gondok tidak mempunyai batang. 

Daun tumbuhan ini berwarna hijau dan bertekstur licin. Jenis bunganya yakni bunga majemuk, kelopak berwujud tabung dan bunganya berwujud bulir. Tanaman ini bisa jadi penghias dikolam andaikan pertumbuhannya dijaga biar tidak begitu lebat.


4. Teratai

Tanaman teratai ini tumbuh mengapung diatas permukaan air dengan aneka warna bunganya yang menarik. 

Daun tumbuhan ini sering disebut water lily alasannya yakni bentuknya yang bulat, melebar, dan mengapung membantu bunganya yang tumbuh diatasnya. 

Bunga tumbuhan ini berasal berasal dari tangkai kecil hampir tak keluar berasal dari rizoma terhadap lumpur didasar kolam. Tanaman ini amat sesuai bagi mereka yang menginginkan kesan alami terhadap bak yang dimiliki. 


5. Limnobium Laevigatum

Limnobium laevigatum dari Amerika Selatan adalah tanaman terapung dekoratif yang benar-benar sesuai untuk akuarium terbuka. Tinggi 1-5 cm dan daun dari lebar 5-15 cm. 

Ini terhitung baik di akuarium, gara-gara akar yang halus, panjang dan dekoratif mengimbuhkan bantuan kepada ikan dan permukaan lainnya yang menyukai akar tanaman mengambang. Jika ada lumayan nutrisi dalam air dan intensitas cahayanya bagus, daun baru bakal muncul di atas permukaan air.

Info tanaman
Jenis: terapung
Asal: Amerika Selatan
Tingkat pertumbuhan: Sedang
Tinggi: 3 - 5+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah

5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium

6. Riccia Fluitans

Takashi Amano sudah menginspirasi banyak pemilik akuarium untuk melindungi lumut kosmopolitik setinggi 1-5 cm, Riccia fluitans, terendam. 

Itu bisa bersama mengikatnya ke batu bersama tali pancing dan benang jahit, tunas baru senantiasa tumbuh ke permukaan.

perlu memangkasnya bersama gunting. Riccia fluitans tumbuh subur bersama mengimbuhkan CO2 dan dalam kondisi perkembangan yang baik, 

gelembung oksigen kecil terbentuk di ujung daun. Sebagai tanaman terapung menawarkan bantuan yang baik untuk ikan dan udang aquascape.

Info tanaman
Jenis: Lumut
Asal: Kosmopolitan
Tingkat pertumbuhan: Sedang
Tinggi: 3 - 5+ cm
Cahaya : Sedang - tinggi
CO2: Sedang

5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium

7. Ludwigia Sedoides

Ludwigia Sedoides di mana ia tumbuh di perairan stagnan atau zona sungai bersama arus yang benar-benar lemah. Ini miliki kemiripan yang mencolok bersama caltrop air (Trapa natans), yang tidak terjalin satu sama lain. 

Ludwigia sedoides adalah tanaman kolam yang benar-benar lazim di iklim hangat. Budidaya di akuarium sedikit lebih rumit. Spesies ini dikenal sebagai "tanaman mosaik" di lebih dari satu area berbahasa Inggris.

Pertama dan terpenting, sedoides Ludwigia membutuhkan banyak sinar (0,75 watt per liter atau lebih, atau sinar matahari langsung). 

Membutuhkan asupan mineral yang tinggi membuatnya jadi tanaman yang sukar dibudidayakan di akuarium. 

Budidaya di luar ruangan (selama musim panas) sering kadang merupakan hanya satu solusi untuk raih perkembangan yang memuaskan pada spesies ini. 

Itu terhitung membutuhkan persediaan makro dan mikro yang baik. Kondisi optimal menyebabkannya membentuk bunga kuning.

Kebutuhan Cahaya: Tinggi
Struktur Tanaman: Mengambang
Keluarga: Onagraceae
Genus: Ludwigia
Wilayah: Amerika Tengah / Selatan
Lokasi: Amerika Selatan
Ukuran: Diameter: 10-15 cm
Tingkat Pertumbuhan: Cepat

5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium


8. Salvinia Auriculata

Salvinia auriculata adalah pakis apung kosmopolitik, 1-3 cm, yang tumbuh bersama cepat jika ada nutrisi dan sinar yang cukup. Daun sinar adalah tanda kekurangan zat gizi mikro. 

Itu condong untuk menaungi sinar dari tanaman di bagian bawah. Varietas Salvinia miliki rambut kecil di daunnya, membuatnya tahan air.

Membantu menghambat ganggang bersama menaungi bagian akuarium dan memakai nutrisi di dalam air. Tumbuh benar-benar besar di alam liar dan dalam kondisi optimal. Tanaman hias untuk akuarium terbuka. 

Info tanaman
Jenis: terapung
Asal: Kosmopolitan
Tingkat pertumbuhan: Tinggi
Tinggi: 3 - 5+ cm
Cahaya : Rendah
CO2: Rendah
5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium

Itulah tadi 5 Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air Untuk Aquarium yang sudah kami tukang taman surabaya rangkum sebagai referensi bagi anda yang mencari jenis tanaman air untuk mengisi aquarium anda.