Adsen Bawah Navi

Tips Perpaduan Rumah Dan Taman Minimalis

Konten [Tampil]
Tips Rumah Minimalis dan Taman Minimalis Tukang Taman Surabaya
Ilustrasi Gambar okerumahminimalis.com

Tukang Taman Surabaya – Flamboyanasri, 

lama sudah rasanya tidak update artikel dikarenakan ada jobs lain dan ada kerusakan pada notebook jadi semakin terkendala dalam penulisan artikel. 

Kesempatan saat ini kami akan memberikan tentang fenomena Rumah Minimalis dalam era saat ini.
Gaya hidup masyarakat yang kian berkembang seiring dengan efisiensi waktu dan tingginya aktivitas berimbas pada tren rumah yang simpel dan dinamis.

Pembangunan rumah dengan konsep minimalis menjadi pilihan favorit bagi masyarakat saat ini. Oleh karena itu, pengembang atau tukang  taman seperti kami berlomba – lomba untuk menyajikan rumah dengan konsep tersebut. Tidak pelak juga tren minimalis tersebut berkembang pada pentas eksterior hingga interior rumah.

Rumah minimalis memiliki bentuk yang geometris dipadukan dengan bentuk- bentuk pengembangan lainnya seperti kotak, persegi panjang, dan segi tiga. Hal tersebut terlihat dari penampilan rumah yang berbentuk kotak pada dinding dan jendela. Ornamen pada rumah minimalis nyaris tidak akan pernah ditemukan di setiap detail bagian rumah. Kesan minim memang terdapat pada rumah dengan konsep ini.

Penggunaan detail-detail rumit seperti yang terdapat pada rumah-rumah bergaya klasik tidak akan pernah ditemukan. Penggunaan bentuk dan bahan material bangunan berbentuk garis dengan penempatan vertikal dan horizontal mewarnai penampilan rumah, seperti yang terdapat pada jendela dinding ataupun pagar. Bentuk – bentuk kaca dan jendela yang segi empat semakin mempertgas fasad serta memperkuat karakter minimalis itu sendiri.

Kami  Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri hanya memberikan wacana tentang rumah minimalis yang biasanya juga dipadukan dengan Taman Minimalis maka akan lebih terkesan simpel tetapi masih memiliki unsur keasrian dalam rumah anda. Karena penampilan bahan pada rumah minimalis memeberikan kesan jujur, karena profil dari setiap bahan tampil apa adanya. 

Penggunaan bahan apapun lebih hemat tanpa adanya penurunan terhadap kualitas dan kekuatan dari bahan tersebut. Misalnya penggunaan beton atau baja ekspos dibiarkan tanpa dilapisi bahan lainnya.

Penggunaan bahan ringan, seperti baja dan stainless pada jendela dan pintu memberikan kesan lega papa rumah minimalis. Untuk lahan yang terbatas ruang dalam diciptakan multifungsi. Misalnya ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur dibuat menyatu.

Hal tersebut sangat praktis, karena sirkulasi di dalam ruang dapat berlangsung cepat dan berfungsi secara optimal. Perletakan di dinding, ruangan dan lantai sangat minim.

Namun, hal tersebut tidak berkesan kaku, karena kegunaan finishing material bangunan dibuat dinamis. Perabot rumah sebagai pelengkap interior mengikuti bentuk dasar yang geometris, sederhana, simpel dan ringan dan fungsional. 

Warnanya pun dimulai dari penggunaan warna hitam, cokelat, putih dan abu-abu. Karakter minimalis akan muncul dengan penggunaan lampu sorot untuk memanipulasi suasana dan kesan ruang. Penggunaan lampu pun minimal dengan jenis Don Light.

Pemilihan warna mengikuti tren era 2000. Warna – warna alam yang kemudian dikombinasikan dengan warna kontras sebagai aksen dalam penampilan rumah mempercantik gaya yang ada. Bangunan rumah interior didominasi warna hitam, putih, dan abu-abu.

Warna – warna tersebut memberikan kesan ringan, dinding, dan bersih yang dikombinasikan dengan warna-warna kontras serta cerah, seperti warna merah, oranye, dan biru. Biasanya warna kontras tersebur berfungsi sebagai aksen (pembeda) agar tidak terlihat kaku.

Meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan rumah dan gaya hidup masyarakat yang metropolis, simpel dan dinamis serta minat masyarakat yang praktis dan fungsional akan menjadikan rumah yang berkonsep minimalis memiliki daya tarik tersendiri.

Disini kami Tukang Taman Surabaya memberikan sedikit ulasan tentang Rumah Minimalis sekedar  info dan sebatas yang kami tahu.

A.Panduan Rumah dan Taman Minimalis
Bangunan rumah anda adalah merupakan bagian dari alam tempat berteduh bagi anda. Oleh karena itu, keduanya harus saling melengkapi, terutama dalam penataan taman rumah. Seharusnya penataan taman rumah akan menjadi perhatian utama bagi perancang dan pemilik rumah agar dapat menghasilkan perpaduan yang menarik.

Saat ini kehidupan dalam perkotaan dengan aktivitas yang padat dan jarang terdapat ruang hijaui mengantarkan kerinduan terhadap lingkungan yang segar dan alami. Oleh karena itu, banyak masyarakat meluangkan waktu untuk mendapatkan suasana tersebut dengan pergi ke taman rekreasi yang mungkin jaraknya cukup jauh dari rumah anda.

Padahal suasana seperti itu dapat diciptakan di lingkungan rumah dengan menata taman yang asri dan sedap dipandang, itulah salah satu fungsi dari Taman Minimalis Rumah.

Kehadiran taman yang asri justru akan memperindah penampilan bangunan. Oleh karena itu, sebaiknya perbandingan antara bangunan dan taman adalah 60 persen untuk koefisien dara bangunan (KDB) dan 40 persen untuk koefisien dasar hijau (KDH) sehingga rumah sehat dan nyaman pun akan diperoleh . 

Namun saat ini hal tersebut jarang ditemukan karena luas lahan tersebut terbatas. Banyak  pemilik rumah tidak dapat membuat taman sesuai jumlah KDH yang dianjurkan. Padahal taman merupakan resapan air yang berguan bagi lingkungan rumah dan sekitarnya.

Sebaiknya taman di rumah di tata dan berkonsep sama dengan desain bangunan rumah. Misalnya, rumah dengan konsep minimalis sebaiknya dipadukan pula dengan taman minimalis, rumah bergaya tropis sebaiknya dipadukan dengan taman bergaya tropis.

Hal tersebut dilakukan karena taman rumah berfungsi sebagai bingkai sebuah bangunan rumah sehingga akan tercipta perpaduan rumah yang selaras. Adanya rumah yang bertema minimalis memberikan inspirasi untuk mengolah taman bertema sama sehingga pemilik rumah dapat merasakan keseimbangan pengalaman ruang, baik dari dalam rumah maupun di luar rumah, yang akhirnya akan mewujudkan sebuah lingkungan yang selaras dan serasi.

B.Menyikapi Tren Taman Minimalis
Hal terpenting lagi yaitu Taman merupakan elemen pelengkap yang dapat memperindah lingkungan sekitarnya terutama untuk objek mati seperti bangunan. Selain itu, taman juga memiliki peran yang sangat penting untuk memasukkan keindahan dan keselarasan alam bangunan. Oleh karena itu, taman dan rumah harus tampil selaras dan seimbang sebagai satu kesatuan visualisasi yang menarik.

Sebelum membuat taman, sebaiknya ditentukan dahulu konsep taman yang akan dirancang seperti yang ada dalam artikel sebelumnya artikel 10 Aspek Pembuatan Taman Rumah Yang Indah.

Konsep taman yang akan dibuat harus sesuai dengan konsep rumah agar tercipta lingkungan yang serasi, seimbang dan kontekstual. Misalnya, jika rumah dirancang dengan arsitektual Bali; rumah dengan gaya Jepang makan taman yang harus ditata adalah dengan bergaya Jepang begitu  juga rumah dengan konsep minimalis maka taman yang ada pun harus dengan konsep minimalis.

Taman sebagai lingkungan luar bangunan memberikan pengaruh yang besar, karena merupakan bingkai dari sebuah rumah sehingga dapat memperkuat visualisasi yang menarik. Akan tetapi, sejauh ini rumah minimalis tidak dibingkai dengan taman yang berkonsep sama sehingga antara bangunan dan taman tidak menyatu.

C.Data dan Fakta
Ada beberapa info yang diperoleh kami Tukang Taman Surabaya tentang Rumah dan Taman Minimalis, jadi data ini kami peroleh dari beberapa sumber dan merupakan kesimpulan dari versi kami.

- Arsitektur minimalis mulai muncul pada tahun 1959 yang diutarakan oleh arsitek Jerman bernama Ludwig Mies Van Der Rohe
- Konsep minimalis merupakan bentuk yang sederhana dan fungsional
- Minimalis kembali diterapkan pada bangunan baik rumah tinggal dan bangunan lainnya mulai dari penataan interior hingga taman.
- Minimalis saat ini dikaitkan dengan gaya hidup masyarakat urban serta lahan pembangunan yang sempit
- Sebaiknya bangunan penataan taman yang bertema sama.

Minat masyarakat saat ini hanya terbatas pada bangunan yang minimalis tanpa menyertakan konsep yang sama terhadap taman.

Rumah minimalis berkesan kokoh dan kaku karena minim olahan. Oleh karena itu, diperlukan penataan ruang luar yang dapat memperkuat konsep tersebut. Agar kesan tersebut didapat dengan baik maka taman yang sesuai harus bertema sama, yaitu taman minimalis sehingga akan diperoleh visualisasi yang harmonis.

Demikian beberapa wacana tentang penting antara perpaduan antara rumah minimalis dan Taman minimalis. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi bagi anda yang ingin membuat rumah minimalis untuk menjadikan lebih serasi maka diperlukan juga bingkai bangunan dengan Taman Minimalis.

Anda ingin mendapatkan referensi desain Taman Minimalis bisa anda klik tautan Tentang Taman Minimalis Koleksi dari kami Tukang Taman Surabaya Flamboyanasri atau sekaligus menggunakan Jasa dari kami.

2 Komentar untuk "Tips Perpaduan Rumah Dan Taman Minimalis"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel