5 Cara Membuat Gundukan Tanah Taman

Tukang Taman Surabaya Tentang Cara membuat gundukan tanah taman. Fungsi dari pembentukan konstur ini adalah dapat menambah estetika keindahan dalam sebuah taman. Karena taman akan terlihat natural dengan pola permukaan tanah taman yang melandai menyerupai miniatur taman menyerupai perbukitan.

Pola dari gundukan kontur tanah ini bisa anda sesuaikan dengan luas area taman. Bentuk dari konstur ini sesuai dengan desain pola yang ada pada konsep taman.

Jadi layaknya membentuk basic atau tempat tanam yang anda inginkan, konstur tanah ini sebagai border pada taman sehingga taman menjadi indah. Dalam pembuatan gundukan tanah merupakan langkah awal dalam membuat taman, selain menata batu di taman.

5 Cara Membuat Gundukan Tanah Taman

Tukang taman Surabaya Tentang Cara Membuat Gundukan Tanah Taman

Cara memicu kontur taman minimalis benar-benar simpel kamu tinggal tumpukan tanah di tempat khusus yang di mana kontur taman wajib di atur ukuran dan ketinggiannya

misalkan kamu bakal memicu kontur taman di sudut dekat jendela yang di mana kamu idamkan sehingga terbentuk kontur dengan ketinggian 50 cm dengan lebar 200 cm2. Ini bisa kami atur dahulu sebelum saat proses penanaman.

5 Cara Membuat Gundukan Tanah Taman

Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk membuat dan membentuk gundukan konstur tanah pada taman yaitu :

1. Menyiapkan Alat Dan Bahan.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat terlebih dahulu. Dan ini merupakan hal pokok ketikan membuat taman yang ukuranya kecil minimalis maupun dengan area yang luas. Lebih detailnya anda bisa membaca pada postingan 11 Alat Dan Bahan Untuk Membuat Taman

2. Siapkan Tanah Taman. 

Anda siapkan terlebih dahulu jenis tanah yang subur yang banyak mengandung unsur hara, sehingga akan bagus untuk pertumbuhan tanaman. 

Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan lapisan di atas area taman dengan tanah taman (top foil). Lebih lengkapnya anda bisa membaca pada 7 Persiapan Tanah Untuk Taman

3. Mulai Meratakan Tanah. 

Tanah yang sudah anda siapkan ratakan pada area taman dengan ketebalan yang sama sesuai dengan yang anda kehendaki. Jangan lupa sisakan tanah untuk nantikan dibuat gundukan tanah.

4. Mulai Membuat Gundukan. 

Tempatkan sisa tanah tadi pada area dimana akan dibuat gundukan dengan ketinggian lebih permukaan tanah. tumpukanlah tanah di tempat yang sudah kamu tentukan selanjutnya injak gundukan tanah tersebut supaya jadi padat secukupnya.
Perlu anda ingat bahwa gundukan konstur tanah harus padat dan kuat supaya nantikan tidak mudah rusah ketika terkena air siraman maupun air hujan.

yaitu dengan cara menghimpit bagian kontur taman tersebut dengan langkah di injak dengan berat tubuh kita.

Bentuk seperti setengah bola melandai seperti bukit pegunungan terbentuk sedemikian rupa hingga kira-kira cocok dengan permohonan anda.

Jika ada kelebihan yang tidak rata anda bisa kikis perlahan fungsinya sebagai pembentukan kontur semisal misalnya yang kamu idamkan wujud kontur segitiga namun wujud kontur awal tetap bulat kamu tinggal mengikisnya dengan perlahan.

5. Merapikan Konstur Gundukan

Setelah terbentuk sesuai dengan harapan rapikan permukaan tanah, berikan aksesoris taman elemen hardscape seperti batu hias taman di atas gundukan. Kemudian siap menanam rumput dan tanaman hias di sekitar gundukan.

Itulah beberapa tips kami tukang taman surabaya tentang 5 Cara Membuat Gundukan Tanah Taman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.