Adsen Bawah Navi

7 Manfaat Arang Sekam Untuk Tanaman

Tukang Taman Surabaya. Sebelum menguaraikan lebih jelas tentang manfaat arang sekam untuk tanaman. Terlebih dahulu apa itu arang sekam ? Arang sekam adalah sekam padi yang telah di proses dengan tekhnik atau langkah pembakaran tertentu supaya sekam padi selanjutnya menjadi arang,

selain dapat dipakai sebagai fasilitas untuk hydroponik, arang sekam baik digunakan di aplikasikan didalam pertanian konvensional yang memiliki arang sekam manfaat untuk tanaman cabe.

atau menggunakan tanah sebagai fasilitas tumbuhnya tanaman, misalkan arang sekam ini terhitung biasa di menggunakan untuk mengakibatkan kompos sebagai bahan campuran. 

selain itu ada pula manfaat abu kayu bakar untuk tanaman sebagai media tanam. Ssebab arang sekam ini membawa unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman dan berbentuk cenderung alkali supaya tidak di sukai oleh jamur dan bakteri, oleh sebab itu terdapat banyak kegunaan yang terdapat didalam arang sekam ini

7 Manfaat Arang Sekam Untuk Tanaman

Tukang Taman Surabaya Tentang Manfaat Arang Sekam Untuk Tanaman

Begitu banyak fungsi arang sekam untuk tanaman yang dicampur didalam sarana tanam. Arang yang terbuat dari proses pemanasan itu mampu menyebabkan sarana tanam lebih poros, aerasi jadi baik, dan drainase lancar.

Lebih dari itu, adanya arang sekam bakal menambah kapabilitas retensi air didalam sarana tumbuh tanaman. Selain fungsi tersebut di atas, arang sekam jadi bahan organik tanah. 
Secara pelan tetapi pasti, material organik itu bakal terdekomposisi dan melewatkan unsur hara untuk tanaman. Walau sedikit, tetapi unsur hara itu mampu diserap cepat oleh tanaman.

Bukan cuma itu, arang sekam mampu menambah kapasitar ganti kation (KTK) sarana tanam atau sarana tumbuh. Ini berarti sekam bakar mampu menyebabkan sarana tanam produktif dan tanaman pun tumbuh subur.

Kelebihan Menggunakan Arang Sekam

Sebagai Tukang Taman Surabaya yang sudah berpengalaman, maka kami rekomendasikan untuk menambah arang sekam ke dalamnya. Mengapa? Karena arang sekam banyak segi positifnya. Berikut ini sebagian kelebihan arang sekam sebagai sarana tanam.

  • Karena memiliki berat lebih ringan
  • Memiliki ukuran pH tyang mendekati pada pH netral
  • Serta mempunyai sifat lebih steril dari jamur dan bakteri patogen
  • Tahan lama lebih dari sampai satu tahun
  • Jika dibeli harga arang sekam relatif murah
  • Ketersediaan sekam padi melimpah bahkan ada kilang padi di sekitar kita tinggal
  • Praktis dan cepat didalam proses pembuatannya

Arang Sekam Hasil Pemanasan (Heating) Terhadap Temperatur Tinggi

Perlu diketahui bahwa memang yang namanya arang, apakah arang batok, arang sabut kelapa, arang kayu, atau arang sekam,

hasil dari proses pembakaran karena kalau sekam padi dibakar, maka yang dihasilkan adalah abu atau abu sekam berwarna agak putih.

Jadi, arang sekam yang bewarna hitam itu dihasilkan bersama dengan langkah pemanasan terhadap temperatur tinggi supaya persentase air dan zat-zat volatil bakal menguap berbentuk asap.
Makanya arang sekam lebih banyak persentase karbon (C). Seandainya dilakukan proses oksidasi bersama dengan langkah pembakaran, maka karbon pun bakal melayang jadi gas karbondioksida CO2 atau karbon monoksida (CO). Tinggallah debu atau abu saja, yaitu abu sekam.

Walaupun demikian, secara umum orang sudah biasa menyebut arang sekam bersama dengan sekam bakar. 

Jadi, sekam bakar memang serupa bersama dengan arang sekam gara-gara memang dihasilkan bersama dengan temperatur yang tinggi baik pemanasan bersama dengan nyala api segera ataupun tidak langsung.

Demikian artikel singkat kami Tukang Taman Surabaya tentang 7 Manfaat Arang Sekam Untuk Tanaman. Anda bisa mencoba sendiri membuat media tanam dari arang sekam sehingga dapat menghemat biaya bagi penghobi tanaman hias.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel