Cara Menata Batu Di Taman

Jasa Tukang Taman Surabaya. Bagi anda yang ingin berkreasi dengan membuat taman di halaman rumaha anda. Pada postingan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menata batu di taman. Karena nuansa bebatuan identik dengan desain konsep taman kering anda mungkin sudah pernah membaca cara membuat taman kering dengan cara menata taman depan rumah.

Atau anda ingin berinspirasi dengan cara membuat taman kecil di depan rumah, walaupun lahan tidak begitu luas (minimalis) tetap bisa menuangkan ide taman anda. Terpenting dalam pembuatan taman adalah cara menata bunga untuk depan rumah harus tepat. Maka taman anda akan terlihat rapi dan selaras.

Jasa Tukang Taman Surabaya
Contoh Batu Kali Untuk Taman

Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Cara Menata Batu Di Taman

Dalam menata sebuah batu taman yang anda perlukan adalah konsep taman dahulu. Batu hias tersebut dipakai untuk hiasan pada tanaman atau sebagai aksen pembatas tanaman bunga dengan rumput.
Baca juga 10 Model Desain Taman Terbaru
Jika yang anda pakai batu kali yang berukuran besar dengan warna hitam atau kuning, biasanya peletakannya ada pada tanaman utama. Misalkan pada pohon bonsai atau peneduh sebagai maskot taman.

Namun jika jenis batu koral biasa dipakai untuk memperindah taman dengan cara ditabur pada hamparan taman sebagai pembatas aksen. Berikut langkah-langkah cara menata batu di taman :

1. Jenis Batu Kali

Batu kali ialah bongkahan batu yang lazimnya ukuran nya tak beraturan yang diperoleh dari sungai atau bahkan gunung yg dipakai sebagai bahan fondasi bangunan rumah, gedung, dan lain-lain

Batu kali adalah salah satu material yang penting untuk Pembuatan Rumah/bangunan merupakan sebagai Pembuatan Fondasi Rumah/Bangunan.
Baca juga 10 Jenis Batu Alam Yang Bagus Dan Terfavorit
sehingga hingga ketika ini penggunaanya sebagai fondasi rumah masih belum tergantikan dengan material buatan. Namun trend sekarang juga dipakai untuk memperindah taman rumah dengan desain konsep taman kering, zen garden dan taman jepang (japan garden).

Berikut cara menata batu kali yang biasa kami Jasa Tukang Taman Surabaya lakukan sebagai elemen hardscape di taman antara lain :
  • Pilihlah ukuran batu sesuaikan dengan ukuran luas lahan taman dan ukuran lingkar pohon utama
  • Memilih bentuk batu yang sesuai bulat untuk ditempatkan dibawah pohon, lempengan untuk batu pijakan taman
  • Untuk warna batu sesuai selera bisa warna hita (batu kali) atau warna kuning batu gunung
  • Letakan batu tepat dibawah pohon utama, misalkan bonsai, pulai atau sikas
  • Tata se-natural/alami mungkin
  • Posisikan yang sesuai sehingga terlihat indah dan alami
  • Tanami sekitar batu taman dengan tanaman hias perdu (groundcover) misal : rumput kucai mini, lili paris atau tanaman kacang pintoi
  • Tambah dengan beberapa tanaman semak misalkan : bromelia giant, agave atau siklok

Jenis batu kali besar untuk taman
jayaman.com

cara Menata Batu besar di taman

Batu Kali Untuk Kolam

2. Jenis Batu Koral Sikat

Batu koral atau batu kerikil ialah salah satu variasi batu alam yang mempunyai berjenis-jenis jenis format, warna dan ukuran. Pesona batu ini berlokasi pada bentuknya yang berwarna-warni dan tekstur permukaan yang polos dan tak kasar.

Menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Macam-macam batu ini sering kali diklasifikasikan batu dekoratif yang cantik warnanya, umpamanya warna putih, warna pink, merah marun dan sebagainya. Berbentuk lonjong pipih, batu koral umum ditemukan di sepanjang tempat aliran sungai.

Cara Menata Batu Di Taman
Jenis Batu Sikat

cara menata batu di taman
Aplikasi Batu Sikat Pada Taman

Batu koral ini dapat dimanfaatkan untuk fungsi dekoratif, kau dapat merapikan batu ini di lantai, pagar kolam, taman, dan area landscape lainnya. Bagi kau yang memerlukan pandangan baru tambahan, intip dahulu beraneka taman apik yang memanfaatkan batu koral berikut.

Tebaran warna seragam pada taman minimalis batu koral warna abu-abu pada taman kering di samping jalan. Paling gampang menerapkan batu koral di taman dengan metode ditabur di satu zona tertentu.
Baca juga 10 Jenis Macam Warna Batu Sikat (Gravel)
Menurut kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Ide taman minimalis yang satu ini menempatkan batu sebagai alas dasar taman dengan wujud yang mempesona. Pemilihan warna netral dibutuhkan agar pantas dengan situasi sekeliling taman.

Melainkan jikalau anda mau bereksperimen, boleh juga menerapkan batu koral dalam jenis warna berlainan agar taman nampak kian fresh. Untuk cara menata batu koral sikat ini cukup mudah yaitu :
  • Pilihlah warna batu kerikil/koral sikat sesuai dengan keinginan anda
  • Selanjutkan membuat pembatas aksen taman
  • Membuat dasaran plesteran/rabatan untuk alas bawah difungsikan agar batu tidak bercampur dengan tanah
  • Buat resapan air pada plesteran agar air tidak menggenang agar batu tidak berlumut
  • Taburkan atau hamparkan batu pada area plester yang sudah anda buat
  • Apabila anda ingin lebih mengkilat bisa disemprotkan caoting jenis air (propan)
  • Selesai
Itulah tadi pengalaman kami sebagai layanan Jasa Tukang Taman Surabaya tentang bagaimana Cara Menata Batu Di Taman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.