8 Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Aglaonema

Jasa Tukang Taman Surabaya. Tentang cara budidaya tanaman hias daun Aglaonema, memang banyak cara memperbanyak tanaman aglaonema agar tanaman hias aglaonema cepat beranak terlebi dahulu mengenal tanaman aglaonema secara umum morfologinya. 

Salah satu faktor pendukunganya adalah pupuk yang bagus untuk aglaonema dan juga cara perawatannya salah satunya cara menyiram aglaonema secara benar

Jasa Tukang Taman Surabaya tentang 8 Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Aglaonema


Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 8 Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Aglaonema

Banyak Teknik dalam menggandakan dan menghasilkan Aglaonema unggulan. Berikut ini ialah teknik yang biasa dipakai dalam menggandakan aglaonema dalam masa-masa singkat yakni dengan teknik cangkok dengan memakai pot plastik bibit anggrek / gelas eks air minum dalam kemasan laksana Aqua/2 Tang dll. Inilah tahapan-tahapan pencangkokannya:
Baca juga 10 Jenis Macam Bunga Aglaonema Terbaru Dan Terpopuler

1. Memilih Aglaonema Yang Sehat

Tanaman yang bakal dicangkok mesti sehat, bebas hama dan penyakit. Batang aglaonema telah tinggi dari permukaan media. (Tinggi batang aglaonema itu yang menilai banyaknya jumlah cangkokan). 


2. Menyiapkan Pot/Polybag

Tahapan kedua dari kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Menyiapkan pot plastik bibit anggrek / gelas eks air minum dalam kemasan. Bagi pot plastik bibit anggrek potong vertikal dengan menggunakan cutter sementara gelas eks air minum dalam kemasan.
Baca juga 10 Jenis Tanaman Hias Daun Paling Populer
Buatlah lubang bawahnya dan lantas potong vertikal dengan menggunakan cutter fungsinya agar air dapat mengalir, kemudian guna bagian atasnya dicukur dengan gunting. 


3. Memilih Batang Aglaonema

Batang aglaonema yang bakal dicangkok, bilamana masih terdapat daunnya maka daun tersebut harus di hilangkan kemudian kuret batang itu sekitar 1 cm dan diolesi dengan hormon perangsang akar. Pot plastik yang dicukur vertikal dibulatkan dengan menggunakan stapler.


4. Menyiapkan Media Tanam

Isi pot plastik itu dengan media sekam bakar yang sudah disiram. Perawatan tumbuhan yang sudah dicangkok sama saja sebelum dicangkok. Biasanya kami Jasa Tukang Taman Surabaya melakukan, Penyiraman dilaksanakan 2-3 hari sekali dan 2 kali seminggu diguyur dengan vitamin B1.
Baca juga Racikan Media Tanam Untuk Bunga Aglaonema

5. Tunggu Sampai Tumbuh Akar

Tunggu sampai 2 bulan lantas akar bakal tumbuh dan tampak dari balik pot plastik. Saat itulah cangkokan dapat diceraikan dari induk. 

Bilaman ada 1 batang aglaonema ada 2/3 cangkokan, pastikan cangkokan teratas mesti telah ditumbuhi akar sampai-sampai dapat langsung dipisahkan dari masing-masing batang induk, namun jika belum maka mulai dari unsur bawah secara bertahap.


6. Pisahkan Hasil Cangkokan

Pisahkan masing-masing cangkokan yang sudah tumbuh akar dengan pisau tajam dan steril mencukur batang serupa dibagian bawah pot plastik tersebut. Kemudian sebelum ditanam, batang yang dicukur pada unsur bawah diolesi fungisida (dithane 45). 


7. Pemindahan Hasil Cangkokan

Tanaman cangkokan itu dengan media tanam terdiri dari sekam bakar, pasir malang, kapur dolomite secukupnya dengan komparasi 3 : 1. Siram tumbuhan cangkokan dengan vitamin B1.


8. Perawatan Aglaonema Hasil Budidaya

Selanjutnya cangkokan itu perawatannya laksana tanaman yang lainnya. Bonggol induk pada unsur atas diolesi salep hormon tumbuh sitokinin dan auksin yang telah umum digunakan pada anggrek “KEIKI”. 
Baca juga Cara Merawat Tanaman Bunga Aglaonema (Sri Rejeki)
Sitokinin bermanfaat merangsang pembelahan sel didaerah tunas samping (lateral) sementara auksin berperan dalam pembelahan sel ujung tunas (apical bulb). Pada lazimnya 1-2 bulan hadir 3-4 anakan. Anakan baru dipisahkan seringkali setelah berdaun 4-5 eksemplar daun.

Sekian ulasan singkat kami jasa tukang taman surabaya tentang 8 Cara Budidaya Tanaman Hias Daun Aglaonema. Semoga bermanfaat bagi anda penggemar bunga aglaonema.