5 Fungsi Dan Cara Kerja Hormon Giberelin Pada Tumbuhan

Jasa Tukang Taman Surabaya. Kesempatan kali ini berbagi info tentang fungsi dan cara kerja hormon giberelin bagi tumbuhan. Efek dari hormon giberelin yang ditimbulkan saat dipakai pada tumbuhan tertentu. mungkin pada artikel berikutnya akan kami ulas juga cara membuat hormon giberelin, namun pada kali ini kami hanya menulis fungsi hormon giberelin dan cara kerja hormon giberelin

Giberelin (bahasa Inggris: gibberellin) atau asam giberelat (bahasa Inggris: gibberellic acid, disingkat GA) merupakan seluruh member klasifikasi hormon tumbuhan yang mempunyai fungsi yang serupa atau berkaitan dengan bioassay GA1. 

Jasa Tukang Taman Surabaya

GA hadir pada hampir sepanjang hidup tumbuhan dan dikenal mengontrol perkecambahan, pemanjangan batang, pemicuan pembungaan, perkembangan kepala sari (anther), perkembangan biji dan pertumbuhan perikarp. 

Kecuali itu, fitohormon ini juga berperan dalam respons kepada stimulasi via undang-undang fisiologis yang berhubungan dengan mekanisme biosintesisnya. sumber : wikipedia.org

Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang 5 Fungsi Dan Cara Kerja Hormon Giberelin Pada Tumbuhan

Giberelin pada tumbuhan bisa ditemukan dalam dua fase utama adalah giberelin aktif (GA bioaktif) dan giberelin nonaktif. 

Giberelin yang aktif secara biologis (GA bioaktif) memegang pelbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan tanaman, termasuk perkecambahan biji, batang perpanjangan, perluasan daun, dan bunga dan pengembangan bibit. 

Sampai tahun 2008 terdapat lebih ketimbang seratus GA sudah diidentifikasi dari tanaman dan cuma sejumlah kecil darinya, seperti GA1 dan GA4, diperkirakan berfungsi sebagai hormon bioaktif.

Giberelin pertama kali dikenali pada tahun 1926 oleh seorang ilmuwan Jepang, Eiichi Kurosawa, yang meneliti seputar penyakit padi yang disebut "bakanae". 

Hormon ini pertama kali diisolasi pada tahun 1935 oleh Teijiro Yabuta, dari strain cendawan Gibberella fujikuroi. Isolat ini lalu dinamai gibberellin.cara membuat hormon giberelin

5 Fungsi Dan Cara Kerja Hormon Giberelin Pada Tumbuhan

Cara Kerja Dan Efek Dari Hormon Giberelin :

Dari sumber yang kami Jasa Tukang Taman Surabaya dapat Giberelin pertama kali dikenali pada tahun 1926 oleh seorang ilmuwan Jepang, Eiichi Kurosawa, yang meneliti seputar penyakit padi yang disebut "bakanae". 

Hormon ini pertama kali diisolasi pada tahun 1935 oleh Teijiro Yabuta, dari strain cendawan Gibberella fujikuroi. Isolat ini lalu dinamai gibberellin.cara membuat hormon giberelin. Berikut beberapa fungsi dan cara kerja hormon giberelin pada tumbuhan sebagai berikut :

1. Pengaruh Genetic Dwarfism (Kekerdilan Faktor Mutasi)

Giberelin ialah hormon pertumbuhan yang sanggup menstimulus pertumbuhan segala komponen tumbuhan secara sinergis bagus komponen batang, akar, ataupun daun. 

Di dunia pertanian, manfaat giberelin yang penting ialah memecahkan genetic dwarfism (kekerdilan) tanaman. Genetic dwarfism yakni suatu gejala kekerdilan yang disebabkan adanya mutasi. 
Baca juga 6 Penyebab Pertumbuhan Tanaman Menjadi Lambat
Dengan pemberian giberelin, tanaman yang tadinya tumbuh kerdil dapat menjadi normal. Hasil penelitian menampilkan pemberian gibberellic acid pada tanaman kacang menyebabkan tanaman yang kerdil menjadi tinggi.

2. Sebab Buah Tanpa Biji

Pemberian giberelin berguna dalam cara kerja parthenocarpy dan fruit set. Parthenocarpy ialah pelaksanaan tak terdapatnya biji dalam buah. 

Sebab itu pemberian giberelin berguna dalam progres rekayasa untuk mendapatkan buah yang tak berbiji. 
Baca juga 12 Pohon Buah Yang Tidak Tinggi Namun Cepat Berbuah
Pemberian giberelin juga berguna untuk meningkatkan jumlah tandan buah (fruit set) dan meningkatkan hasil buah.

Pemberian giberelin juga dapat menyebabkan buah yang sudah dipanen tak pesat busuk, sehingga lebih bendung lama.

3. Mempercepat Seluruh Pertumbuhan

Menurut pengalaman kami sebagai Jasa Tukang Taman Surabaya. Pemberian giberelin pada fase perkecambahan (germination) sungguh-sungguh menguntungkan. Giberelin menolong progres enzimatik untuk merubah pati menjadi gula yang berikutnya ditranslokasikan ke embrio. 

Gula akan diterapkan sebagai sumber tenaga untuk pertumbuhan, sehingga pertumbuhan berlangsung pesat. 
Baca juga 16 Unsur Dibutuhkan Untuk Pertumbuhan Tanaman
Pemberian GA3 bisa meningkatkan kegiatan cambium dan perkembangan xylem sehingga kesibukan pertumbuhan bisa berjalan dengan lancar dan pesat.

Pemberian geberellin pada tanaman kacang-kacangan akan mengasah pertumbuhan dan mempercepat perambatan. 

Proses juga pada tanaman semangka, mentimun air dan mentimun yang disemprot giberelin, perpanjangan batangnya betul-betul pesat.

4. Mempercepat Seluruh Pembungaan

Giberelin berfungsi untuk mempercepat pelaksanaan pembungaan. Giberelin bisa memenuhi keperluan bunga sebagian macam tanaman pada musim dingin saat fotosintesis kurang dan mempercepat tanaman supaya berbunga lebih awal.
Baca juga 15 Tanaman Hias Berbunga Kuning
Giberelin yakni salah satu unsur penting yang berperan dalam mengasah pertumbuhan bunga. Manfaat lain giberelin ialah mengasah pengangkutan makanan dan mineral dalam sel penyimpanan pada biji sehingga benih tanaman yang baru ditanam akan lebih cepat pertumbuhannya.

Penyemprotan giberelin pada kubis dapat mengakibatkan kubis tumbuh sampai 2 meter dan berbunga. Sementara itu, tumbuhan yang tak disemprot giberelin konsisten pendek dan tak berbunga.

5. Meningkatkan Produktifitas

Di Amerika Serikat, perkebunan anggur sudah mengaplikasikan giberelin untuk meningkatkan kerenyahan dan ukuran anggur. 

Di hawai giberelin dipakai untuk meningkatkan produksi tebu dan gula. Misalnya : hormon giberelin yang digunakan pada tanaman seledri akan meningkatkan produktifitas berupa daun bertambah panjang dengan tingkat kerenyahan yang baik.
Baca juga Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana
Sebab giberelin pada tanaman anggur menyebabkan buah anggur bendung kepada infeksi cendawan. Penyemprotan pada tanaman anggur dikerjakan semenjak tanaman berbunga dan pada fase penyusunan rangkaian buah. 

Penyemprotan giberelin pada buah dan daun jeruk nevel dapat mencegah timbulnya gangguan pada kulit buah dan menjaga kulit konsisten cepat selama penyimpanan. Sebab itu giberelin bisa menyebabkan tanaman bendung kepada penyakit.

Demikian tulisan sederhana kami jasa tukang taman surabaya, tentang 5 Fungsi Dan Cara Kerja Hormon Giberelin Pada Tumbuhan yang kami rangkum dari beberapa sumber dan referensi.