10 Cara Mudah Membuat Taman Hujan (Rain Garden)

Jasa Tukang Taman Surabaya. Mengulas singkat tentang cara mudah dalam membuat taman hujan (Rain Garden) pada lahan dan halaman rumah anda. Supaya sukses membangun taman hujan, langkah pertama merupakan menemukan lokasi yang layak. Di tempat permukiman, taman hujan dianjurkan ditempatkan miniman 3 meter dari rumah untuk mencegah kerusakan fondasi. 

Supaya taman hujan berfungsi dengan bagus, pasokan air yang cukup selama musim hujan perlu dipastikan. Untuk itu taman hujan semestinya berlokasi di daerah yang rendah. 

Cara Mudah Membuat Taman Hujan (Rain Garden)

Jasa Tukang Taman Surabaya Tentang Cara Mudah Membuat Taman Hujan (Rain Garden)

Merancang Rain Garden Merancang zona taman hujan sesungguhnya cukup simpel. Yang perlu Anda lakukan merupakan memilih daerah yang rendah di pelataran atau taman, kemudian membikin jalan bagi air hujan untuk masuk ketika hujan. 

Rain Garden dirancang supaya air hujan kembali ke tanah (recharge) atau diresapi dalam sebagian jam, sehingga mereka tak menjadikan zona perkembangbiakan nyamuk. 

Cara Mudah Membuat Taman Hujan (Rain Garden)

Menurut kami sebagai Jasa Tukang Taman Surabaya. Cara membuat taman hujan/rain garden tidak seperti metode penyimpanan termasuk tangki air, kolam penahanan dan pemanen air hujan, Rain Garden dirancang untuk senantiasa kering sesudah hujan. Berikut cara mudah merancang dan membuat taman hujan (Rain Garden) : 

1. Mencari Dan Memilih Lokasi. 
Pilihlah daerah atau area yang permukaannya lebih rendah natural di halaman atau posisi taman supaya air hujan lantas ke kebun. Cobalah untuk memilih lokasi di bawah cahaya sang surya bagus penuh atau parsial. 

Karena pentingnya untuk menempatkan taman hujan pada daerah yang kaya cahaya sang surya dan terdistribusi dalam ukuran-ukuran kecil (ketimbang berupa taman tunggal berukuran besar).

2. Membuat Saluran Drainase.
Dari pengalaman kami Jasa Tukang Taman Surabaya. Apabila anda sedang membangun Rain Garden di daerah yang rendah di halaman tak perlu mengevaluasi tempat drainase. Cuma memutuskan tempat hal yang demikian mendapatkan air teratur selama hujan. 

Jikalau menangkap air dari atap atau permukaan keras lainnya perlu untuk mengevaluasi tempat drainase permukaan yang spesifik dan kalikan dengan jumlah yang berhubungan dengan variasi tanah. 

3. Membuat Desain Terlebih Dahulu.
Apakah taman besar atau kecil prinsip-prinsip dasar yang sama berlaku. Dengan perencanaan taman/kebun pada kertas pertama, akan bisa menjadikan tampilan terbaik. 

4. Memilih Jenis Tanaman Yang Sesuai.
Direkomendasikan untuk instalasi Rain Garden sebab terbaik disesuaikan dengan iklim. Pilih tanaman (bunga dan rumput) yang akan tumbuh dengan bagus di kedua tempat berair dan kering sebab taman akan mengisi air hujan dari waktu ke waktu. 

5. Lay Out Taman.
Lay out wujud dan batas kebun yang didasarkan pada desain. Sebelum menggali tanah, desain wajib direncanakan dengan bagus di atas kertas, komplit dengan wujud tepatnya, batas, dan lantai mulsa.

6. Membuat Galian Untuk Tamannya. Bersihkan rumput-rumput liar dan mulai menggali tanah untuk taman dengan kedalaman kisaran 4 hingga 8 inci. Pakai tanah untuk membangun tanggul di sekitar tepi taman apabila perlu. 

7. Siapkan Tanah. 
Langkah selanjutnya adalah mengubah/membuat tanah dengan 2 inci-3 inci kompos. Campur pada lubang taman yang telah dibuat sebagai taman hujan.

8. Mulai Menanam Tanaman Hias/Bunga.
Ikuti desain yang dihasilkan dan tempatkan tanaman di posisi sesuai dengan desain. Tanaman mesti ditempatkan sekitar 1 kaki terpisah dari satu sama lain. Sesudah itu bisa mulai menanam bunga-bunga dan rumput mengaplikasikan sekop tangan. 

9. Mulsa Taman Pakai kasar, berserat, woodchips parut yang tak akan mengambang atau melayang. Terapkan mulsa sekitar 2-3 inci. Sesudah ini akan menolong untuk menjaga kelembaban dan gulma keluar. 

Tanam tanaman cocok desain (reservoir bisa ditambahkan dalam tanah untuk penyusupan yang lebih pesat). Penambahan lapisan mulsa untuk taman hujan juga penting bagi pengaturan abrasi dan pemeliharaan kelembaban.

10. Penyiraman. 
Lakukan penyiraman sesudah menanam taman hujan, tiap hari selama 2 pekan apabila tak hujan hingga taman kelihatan menjadi tumbuh sendiri, teknik air yang bagus dan pemeliharaan adalah kunci untuk sebuah taman hujan bermutu.

Demikianlah ulasan singkat dari kami Jasa Tukang Taman Surabaya tentang 10 Cara Mudah Membuat Taman Hujan (Rain Garden) mungkin kurang detail anda bisa mengembangkan sendiri dengan ide-ide kreatif anda. Semoga bermanfaat.