image image image image image

Roof Garden (Taman Atap) dan Fungsinya

Tukang Taman Surabaya Roof gardenTukang Taman Surabaya – Pengunjung Flmaboyanasri, Seperti yang telah kita ketahui bahwa pemanasan global sangatlah dekat dengan keseharian hidup masyarakat pada umumnya terutama di kota besar, sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk (setidaknya) membantu mengurangi dampaknya sekecil apapun itu. 

Tujuan pokok tata kota kontemporer yaitu mencapai kualitas taman rumah dan hutan kota yang luasnya minimal 20 persen dari wilayah kota, dengan jarak dari perumahan sebaiknya tidak melebihi 300 m, serta utilitas dan banyaknya taman.

Bagi anda Pengunjung Tukang taman Surabaya, bahwa penghijauan kota seharusnya mudah dicapai (di dalam inti setiap kampung dan dekat kawasan industri/ perumahan kecil) dan dinikmati secara gratis oleh masyarakat. Penghijauan kota dalam bentuk taman dan hutan kota akan memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Taman kota tidak harus selalu luas sekali karena manfaat bagi masyarakat akan lebih besar jika taman kota, walaupun kecil, berada dekat dengan tempat tinggal mereka.

Apa itu Roof Garden ?

Roof Garden adalah Penghijauan rumah dalam arti luas adalah segala upaya untuk memulihkan, memelihara, dan meningkatkan kondisi lahan, dinding dan atap agar dapat dimanfaatkan secara optimal, baik sebagai pengatur tata air, suhu, pencemaran udara atau pelindung lingkungan.

Seperti yang telah diuraikan diatas akibat terbatasnya lahan, pekotaan belum bisa memenuhi standar RTH sebesar 30 persen dari luas lahan kota sedangkan perumahan-perumahan penduduk seringkali tidak punya pekarangan dikarenakan kebutuhan ruang yang besar di lahan yang kecil.

Roof garden pada prinsipnya merupakan sebuah taman yang terletak pada ketinggian tertentu pada bangunan yang umumnya terdiri dari elemen vegetasi dan berbagai elemen alam yang lain. Dalam perspektif pemikiran green architecture, roof garden dapat berfungsi untuk menciptakan suatu kondisi iklim mikro yang ideal pada bangunan.

Pengunjung Tukang taman Surabaya yang setia, Pengkondisian iklim mikro suatu bangunan dapat diupayakan melalui pemanfaatan vegetasi sebagai pemecah angin (wind-breaks), menyerap polusi karbon dan menghasilkan oksigen baru hasil dari proses fotosintesa, memperbaiki tatanan ekosistem dan memberikan rasa nyaman bagi pengguna bangunan.

Istilah iklim mikro mengacu pada ruang lingkup daerah yang diselidiki termasuk pada ukuran perbedaan iklim, timbul dari suatu lingkungan buatan seperti bangunan, permukaan-permukaan keras, tanaman atau pada alam sendiri.

Tukang Taman Surabaya


Selain penghijauan dengan taman kota, dengan semangat tidak bergantung terhadap pemerintah penghijauan dapat secara optimal dilakukan diantaranya dengan penghijauan secara benar dalam skala rumah tangga yaitu pekarangan. Bila ini dilakukan yang pasti lingkungan secara lokal (pemukiman penduduk kota) akan mendapatkan manfaat dari sikap yang benar terhadap lingkungan, yang sekaligus membantu mengurangi dampak pemanasan global secara lokal.

Emisi gas rumah kaca bisa dikurangi dimulai dari rumah kita dengan cara melakukan penghematan energi dengan mengurangi konsumsi listrik dengan berbagai cara, atau dengan menyumbangkan sedikit sarana penyerap karbon, yaitu dengan menaman pohon.

Menanam pohon secara langsung juga akan berefek mendinginkan rumah dan bisa berfungsi menyerap air. Sehingga untuk menyerap karbon, setidaknya yang ada disekitar setiap rumah penduduk kota adalah sebuah pohon dan sebidang taman rumput. Bangunan biologik dan ekologik mempunyai bayangan alternatif ke arah perumahan dan kota karena seimbang dengan alam.

Pengunjung Tukang taman Surabaya, Cara pembangunan yang menunjang secara aktif kesehatan penghuninya di masa depan sangat menentukan. Rumah tinggal yang propilaktik dan berfungsi sebagai regenerator psikologis dan sosial.

Hasil psikologis dan fisik dari tumbuh-tumbuhan menunjukkan kehidupan tumbuh-tumbuhan lingkungan bersifat tenang, mengeluarkan zat asam (oksida), menghisap zat arang (CO2), menyerap kebisingan dan debu, mengatur kelembaban udara.

Akibat dari tumbuh-tumbuhan yang positif terhadap perumahan dan kota menyebabkan perkembangan konstruksi dinding dan atap yang dihijaukan serta pengembangan elemen dinding dan atap yang hidroponik dan plastroponik maka akan terjadi bahan bangunan yang hidup, arsitektur ekologis aktif, biotektur.

Air merupakan bahan bangunan yang paling penting pada bangunan dengan model seperti ini. Sehingga perlu adanya suatu simbiosis mutualisme dengan tumbuh-tumbuhan sebagai sistem pembangunan.

Apa saja manfaat dari Roof Garden...?

Anda juga bisa membaca artikel tentang Perencanaan Dan Peran Roof Garden


Bila keadaan demikian dapat dilakukan penghijauan pada dinding dan atap yang berfungsi sebagai berikut :

1. Penghasil O2. Tanaman sebagai penghijauan rumah dalam pertumbuhannya menghasilkan 02 yang diperlukan bagi mahkluk hidup untuk bernapas.

2. Pengatur lingkungan (iklim mikro), vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan setempat sejuk, nyaman dan segar.

3. Pencipta lingkungan hidup (ekologis). Penghijauan dapat menciptakan ruang hidup bagi mahkluk hidup di alam. Penyeimbangan alam (adaptis) merupakan pembentukan tempat-tempat hidup bagi satwa yang hidup di sekitarnya.

4. Perlindungan (protektif) terhadap kondisi fisik alami sekitarnya (air hujan, angin kencang, dan terik matahari serta perubahan temperature yang besar yang terisolir oleh lapisan rumput/ tanaman yang bersifat melindungi .

5. Keindahan (estetika). Dengan terdapatnya unsur-unsur penghijauan yang direncanakan secara baik dan menyeluruh akan menambah keindahan kota.

6. Kesehatan (hygiene), misalnya untuk terapi mata karena penghijauan mengikat gas dan debu.

7. Mengurangi kebisingan di dalam gedung, terutama pada atap bertanaman yang menambah bobot (massa) sebagai penanggulangan suara/ bising

8. Rekreasi dan pendidikan (edukatif). Jalur hijau dengan aneka vegetasi mengandung nilai-nilai ilmiah, menciptakan ruang yang bermanfaat bagi aktifitas manusia

9. Sosial politik ekonomi

Pengaruh suhu terhadap ruangan dapat diatur dengan konstruksi atap yang selain melindungi manusia terhadap cuaca, juga memberikan perlindungan terhadap radiasi panas dengan sistem penyejuk udara secara alamiah .

Adapun hal-hal yang anda  Pengunjung Tukang taman Surabaya diperhatikan untuk memberi keseimbangan thermal melalui iklim mikro adalah radiasi sinar matahari, kalor dan suhu (temperature), pergerakan arah angin, kelembaban udara.

Guna mendapatkan kenyamanan bagi pengguna bangunan sekaligus meningkatkan kinerja bangunan maka diupayakan untuk menciptakan keseimbangan thermal melalui iklim mikro bangunan yang didasari oleh empat hal di atas. Radiasi matahari merupakan faktor utama terjadinya perpindahan kalor ke dalam bangunan.

Hal inilah yang mempengaruhi tingkat kenyamanan bagi pengguna bangunan. Sedangkan secara alami metabolisme tubuh manusia juga menghasilkan kalor, selain mengalami perpindahan kalor dari dinding bangunan yang terkena sinar radiasi matahari tadi.

Perencanaan roof garden sangat sesuai pada lahan-lahan rumah yang terbatas yang tidak memungkinkan adanya taman pada lahan di dasar kapling rumah. Selain itu atap hijau ini mempunyai keuntungan untuk mengurangi tingkat pergerakan air hujan, memperbaiki estetika urban dan menaikkan biodiversi urban pada tingkat kawasan tertentu.

Demikianlah Pengunjung Tukang Taman Surabaya uraian sedikit tentang apa itu Tukang Taman Surabaya Arti Roof Garden dan Manfaatnya
Semoga bermanfaat bagi pengunjung Blog Flamboyanasri Tukang taman Surabaya. anda juga bisa mengunjungi artikel Sistem Perencanaan Roof Garden

0 Response to "Roof Garden (Taman Atap) dan Fungsinya"

Post a Comment

Kini Hadir Kantor Cabang Jakarta Office : Jl. Al Falah RT.01/08 No. 24C Kembangan Jakarta Barat Call 0812 1404 5463